Salip UGM dan Unpad, UPI 3 Besar Universitas Terbaik di Indonesia versi WUR 2022

Jum'at, 03 September 2021 - 19:22 WIB
loading...
Salip UGM dan Unpad, UPI 3 Besar Universitas Terbaik di Indonesia versi WUR 2022
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Foto/Dok/Humas UPI
A A A
BANDUNG - Kabar mengejutkan datang dari Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kampus ini meraih peringkat ketiga Top University di Indonesia berdasarkan The World University Rankings 2022, di atas Universitas Padjadjaran (Unpad) atau Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sementara, di posisi pertama ada Universitas Indonesia (UI) dan posisi kedua ditempati Institut Teknologi Bandung (ITB). Pemeringkatan yang dilakukan oleh THE World University Rankings 2022 hanya mencakup 1.600 universitas terbaik di 99 negara dari 2.100 perguruan tinggi yang mengirimkan data.



Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih peringkat dunia pada posisi 1001-1200. Skor keseluruhan UPI pada The World University Rankings 2022 yaitu 22,4-27,1, dengan rincian pada bidang pengajaran sebesar 17,2, pada bidang penelitian dan sitasi sebesar 9,3 dan 44,1, pada bidang pendapatan dari industri sebesar 35,6, serta pada bidang pandangan dunia internasional sebesar 17,5.

"Ini keberhasilan kita semua, dosen, mahasiswa dan civitas akademika UPI. Tanpa sinergitas akan sulit dicapai. Namun pencapaian ini menjadi tantangan kita untuk mempertahankannya," kata Rektor UPI Solehuddin, Jumat (3/9/2021).

Pemeringkatan WUR sendiri didasarkan pada 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat. Namun penilaian didasarkan pada empat bidang, yaitu pengajaran, penelitian dan transfer pengetahuan dalam bentuk sitasi, pendapatan dari industri, serta pandangan dunia internasional.



Menurut Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Didi Sukyadi, UPI ikut mengirimkan data untuk pemeringkatan ini lantaran sistem penilaian dan persyaratan lebih cocok untuk kampus kampus di Indonesia. Namun demikian, penilaian yang dilakukan mereka lebih objektif.

"Selain berdasarkan data yang kami berikan, mereka juga melakukan penilaian yang didapat dengan cara mencari data sendiri seperti di oktopus dan lainnya. Jadi penilaian dari data hanya sebagian kecil saja," beber dia.

Diketahui, pemeringkatan dilakukan dengan menganalisis 108 juta lebih sitasi dari 14,4 juta publikasi penelitian dan mencakup hasil survei dari hampir 22.000 akademisi di seluruh dunia. Secara keseluruhan, data tersebut dikumpulkan lebih dari 430.000 titik data.

Kedepan, UPI menargetkan mampu berada pada posisi 1000 kampus dunia. Berbahagia strategi telah dilakukan, seperti memberi insentif bagi dosen yang penelitiannya dipublikasikan di jurnal internasional. Juga melakukan langkah konkret lainnya dalam rangka meningkatkan kemanfaatan riset bagi industri.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)