Perdana, UNS Berhasil Masuk Pemeringkatan THE World University Rankings 2022

Minggu, 05 September 2021 - 13:42 WIB
loading...
Perdana, UNS Berhasil Masuk Pemeringkatan THE World University Rankings 2022
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil masuk ke Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) untuk pertama kalinya. Hal ini sesuai dengan rilis terbaru THE WUR 2022 yang diumumkan pada tanggal 1 September 2021. UNS menempati peringkat ke 1.201+ dari 1.662 perguruan tinggi di dunia yang dinilai oleh THE.

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, THE ini merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi terkemuka yang berbasis di Inggris. Perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam THE WUR 2022 ini ada 14 perguruan tinggi, dengan ranking tertinggi adalah Universitas Indonesia (UI) yang berada pada peringkat 801-1.000.



UNS berada pada peringkat 1.201+ bersama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Bina Nusantara (Binus University) dan Universitas Telkom (Telkom University).

Prof. Jamal menambahkan, THE WUR memiliki 5 pilar dalam perangkingannya yaitu teaching (30%), research (30%), citations (30%), industry income (2.5%) dan international outlook (7.5%). Teaching menunjukkan kualitas lingkungan pembelajaran, research menunjukkan volume, pendapatan dan reputasi dalam hal riset.
Perdana, UNS Berhasil Masuk Pemeringkatan THE World University Rankings 2022

Kemudian indikator citations itu mengukur pengaruh atau dampak dari riset, industry income merupakan proksi dari knowledge transfer sedangkan international outlook diukur dengan seberapa banyak staf internasional, mahasiswa internasional dan kolaborasi riset internasional. Masing-masing pilar tersebut kemudian diturunkan menjadi indikator-indikator yang terukur untuk setiap pilarnya.



“Kami sangat bersyukur UNS untuk pertama kalinya dapat masuk ke dalam THE WUR dan sejajar dengan perguruan-perguruan tinggi besar lainnya seperti UGM dan IPB. Saya ucapkan terima kasih kepada semua sivitas akademika UNS yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini,” ujar Prof. Jamal.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)