Seperti Ini Strategi Pemerintah untuk Berantas Buta Aksara

Minggu, 05 September 2021 - 17:49 WIB
loading...
Seperti Ini Strategi Pemerintah untuk Berantas Buta Aksara
Kemendikbudristek mencatat data jumlah buta aksara di Indonesia tahun 2020 mencapai 2.961.060 atau persentasenya mencapai 1,71%. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah ( Paud Dikdasmen ) Kemendikbudristek Jumeri menjelaskan mengenai apa strategi yang dilakukan untuk memberantas buta aksara di tanah air.

Sebelumnya, Kemendikbudristek mencatat data jumlah buta aksara di Indonesia tahun 2020 mencapai 2.961.060 atau persentasenya mencapai 1,71%. Jumlah ini terbilang menurun dibandingkan persentase tahun 2019 yang mencapai 1,78%.



Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbudristek Jumeri mengatakan, untuk mengurangi angka buta huruf di sejumlah provinsi ada strategi-strategi yang dilakukan untuk memitigasi beban buta aksara.

Pertama, katanya, ialah harus ada basis data yang valid akan kondisi buta aksara di Indonesia. Dengan data yang valid ini maka akan ada sasaran yang tepat untuk mengurangi angka buta aksara tersebut.

"Kita memutakhirkan data buta aksara ini lewat berbagai platform. Salah satunya kerjasama dengan BPS dari hasil sensus dan survei yang tentunya punya data akurat," katanya pada taklimat media Peringatan Hari Aksara Internasional secara daring, Sabtu (4/9/2021).



Strategi berikutnya, terang Jumeri, adanya program pengembangan program pembelajaran yang inovatif. Yakni dengan layanan program secara daring sehingga bisa memperluas sasaran dalam pemberantasan buta aksara.

Dia menjelaskan, strategi penuntasan buta aksara juga dilakukan dengan berfokus menjalankan program pada wilayah atau daerah-daerah yang angka buta aksaranya lebih tinggi dari daerah lain.

"Daerah lain tetap kita sentuh. Tapi fokus pengembangan lebih spesifik dan masif di daerah yang relatif tinggi angka buta aksaranya seperti di Papua, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat dan lainnya," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4299 seconds (0.1#10.140)