Ini Arahan Khusus untuk Panitia dan Peserta Seleksi Guru PPPK

Kamis, 09 September 2021 - 16:58 WIB
loading...
Ini Arahan Khusus untuk Panitia dan Peserta Seleksi Guru PPPK
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA. Foto/tangkapan layar Youtube
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dilaksanakan di masa pandemi ini memerlukan protokol kesehatan ketat dan juga perilaku hidup bersih dan sehat guna mengantisipasi penularan virus korona di lokasi seleksi.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) Safrizal ZA mengatakan, Menteri Dalam Negeri sudah mengeluarkan surat yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/walikota untuk meminta pemerintah daerah mengedepankan prinsip 5 M dalam pelaksanaan tes seleksi guru PPPK.



"Misalnya memakai masker. Kemudian mencuci tangan, menjaga jarak serta kerumunan dan membatasi mobilitas serta masuk ruangan tidak bergerombol," katanya pada Sosialisasi Dukungan Kesehatan dalam Rangka Seleksi Guru ASN PPPK dipantau dari Youtube, Kamis (9/9/2021).

Dia menyampaikan, didalam suratnya Mendagri juga memberikan arahan khusus kepada panitia seleksi guru PPPK pada saat pelaksanaan. Pertama, jelasnya, setiap panitia seleksi harus berkoordinasi dengan satgas Covid-19 setempat untuk meminta ijin. Dia meminta satgas dalam pemberian ijin juga sudah mengecek ruangan seleksi yang disiapkan.

Lalu membentuk tim kesehatan di titik-titik lokasi seleksi. Dia berharap minimum ada perawat yang bertugas jika ada peserta yang mengeluhkan sakit atau yang bisa membantu ketiga melakukan rapis tes antigen.



Kemudian panitia seleksi juga menyediakan ruangan khusus isolasi bagi peserta yang terindikasi sakit. Dipastikan juga ada ketersediaan fasilitas cuci tangan/hand sanitizer di lokasi seleksi.

"Kemudian perilaku hidup bersih sehat dan mewajibkan orang yang masuk untuk mencuci tangan dengan air mengalir/hand sanitizer. Memastikan untuk menggunakan masker dan tidak membuka masker sepanjang proses seleksi," katanya.

Panitia seleksi juga harus melakukan pembersihan dan disinfeksi ruangan seleksi dan fasilitas lainnya sebelum dan sesudah sesi seleksi. Selain itu, katanya, harus ada pengukuran suhu tubuh di pintu masuk, memeriksa kelengkapan dokumen tanpa kontak fisik dan mengatur jarak antian peserta seleksi di pintu masuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2630 seconds (0.1#10.140)