Ini Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya

Kamis, 28 April 2022 - 13:11 WIB
loading...
Ini Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya
Negara-negara maju dan makmur di dunia memiliki sistem pendidikan yang baik dan profesional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia dan bahkan dalam kehidupan bernegara. Biasanya, negara-negara maju dan makmur di dunia juga memiliki sistem pendidikan yang baik dan profesional. Pendidikan dan ilmu pengetahuan juga merupakan sesuatu yang dikejar oleh banyak orang.

Dengan pendidikan yang baik, kualitas kehidupan seseorang juga diharapkan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Nah, di dunia ini ada banyak negara dengan sistem pendidikan yang bagus dan bahkan terbaik.



Berikut daftar nama-nama negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Finlandia

Finlandia adalah negara dengan prestasi dan sistem pendidikan terbaik di dunia. Meskipun beberapa universitas di Finlandia masih kalah tenar dengan universitas di Inggris dan Amerika Serikat, namun secara keseluruhan sistem pendidikan di negara berpenduduk 6 juta jiwa ini masih dianggap yang terbaik.

Oh ya, waktu atau jam sekolah di Finlandia juga tidak banyak, bahkan proses belajar mengajarnya juga relatif santai dan tanpa tekanan. Para pelajar di sekolah-sekolah Finlandia dibuat nyaman dan betah dengan sistem pengajaran yang ada. Bukan itu saja, para pengajar di sana juga sangat fokus dan menguasai bidangnya masing-masing.

Menurut laman sains Smithsonian Magazine, Finlandia telah menjadi negara dengan tingkat literasi, pemahaman, dan kelulusan yang tinggi, terutama di bidang sains dan matematika. Negara kecil ini pun telah menjadi salah satu negara Eropa yang menelurkan banyak ahli dan kaum terpelajar untuk membagikan ilmu dan keahliannya di banyak negara.



2. Inggris

Nama-nama lembaga pendidikan kelas dunia macam Oxford, Cambridge, College London, dan masih banyak lagi seakan telah menjadi bukti nyata bahwa Inggris memang terkenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik sejak abad pertengahan. Mulai dari kedokteran, sains, astronomi, sejarah, olahraga, hingga kesenian, semuanya ada dan dapat dipelajari secara detail.

Laman International Student menulis bahwa universitas di Inggris menjadi sasaran utama dari banyak pelajar di seluruh dunia. Itu sebabnya, pendaftaran untuk melanjutkan studi di Inggris harus dilakukan dari jauh hari. Di sana ada banyak tenaga pengajar yang sangat ahli di bidangnya, mulai dari profesor, doktor, pakar kesenian, astronom, ahli penerbangan, hingga atlet profesional. Gimana? Tertarik untuk belajar di Negeri Ratu Elizabeth?

3. Amerika Serikat

Ini Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya

Nama-nama universitas kelas dunia macam Harvard, Stanford, Johns Hopkins, dan masih banyak lagi merupakan bukti bahwa Negeri Paman Sam memiliki sistem pendidikan yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Hampir semua ilmu terapan dan eksak bisa dipelajari dengan detail di sekolah-sekolah lanjutan Amerika Serikat (AS).

Namun, biaya untuk mengenyam pendidikan di negara berpopulasi 330 juta jiwa tersebut juga cukup mahal. Itu sebabnya, ada banyak siswa siswi yang menggunakan fasilitas beasiswa pada saat mereka melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

4. Kanada

Negara berpopulasi 40 juta jiwa ini juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, menurut berita yang dimuat dalam laman Daily Hive Vancouver, Kanada menjadi negara yang menempati peringkat ke-3 terbaik dunia khusus untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan.

Sistem pendidikan di Kanada juga terbilang sangat profesional namun tidak memberatkan anak-anak didik dengan beban tugas yang begitu banyak. Guru dan staf pengajar harus fokus dan menguasai pada bidangnya masing-masing. Bagaimana? Tertarik melanjutkan sekolah di Kanada?

5. Australia

Australia adalah salah satu negara makmur dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, ada banyak orang dari berbagai negara yang melanjutkan studi formal di negeri berpenduduk 26 juta jiwa tersebut. Laman Study in Australia mencatat bahwa sistem pendidikan di Negeri Kanguru tersebut dibuat seragam untuk menjaga kualitasnya.

Masih dari laman yang sama, anak yang telah berusia 6 tahun diwajibkan mengikuti jenjang pendidikan di sekolah dasar. Jenjang pendidikan menengah juga diwajibkan bagi seluruh warga negara yang telah menempuh pendidikan dasar. Biasanya, anak berusia 6 - 16 tahun akan duduk di bangku sekolah pada tahun 1 sampai tahun 9 atau 10.

6. Belanda

Belanda tidak mau kalah dalam menciptakan sistem pendidikan untuk menjadi salah satu yang terbaik di Eropa dan bahkan dunia. Menurut Organisasi Pendidikan Belanda (Nuffic), ada lebih dari 50 persen sekolah di Belanda yang menggunakan sistem komunikasi bilingual atau dwibahasa, yakni bahasa Inggris dan tentu juga bahasa Belanda.

Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk mempersiapkan generasi muda Belanda dalam persaingan global yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Jadi, tak mengherankan anak-anak di Belanda sudah bisa menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, dan bahkan Jerman.

7. Jerman

Ada banyak siswa atau pelajar dari seluruh dunia yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di Jerman. Biasanya, studi lanjutan seperti kedokteran spesialis, automotif, teknik mesin, ilmu penerbangan, dan perkapalan menjadi market terbesar Jerman untuk urusan studi dan pendidikan.

Bahkan, menurut jurnal sains yang diterbitkan dalam laman NCBI, sekolah kedokteran di Jerman masih menjadi favorit bagi banyak orang di dunia. Tak mengherankan jika kamu sering melihat dokter atau ahli medis kelas dunia dulunya pasti sempat mengenyam pendidikan di Jerman.

8. Jepang

Jepang adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia dan bahkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Tidak kalah dengan Eropa atau Amerika, sistem pendidikan di Jepang menerapkan profesionalisme yang sangat pakem dan mereka akan menerapkan peraturan dengan standar terbaik untuk kemajuan bangsa mereka.

Disiplin, etos kerja, kemauan kuat, dan kecerdasan dalam menciptakan teknologi adalah beberapa kunci yang menjadikan Jepang menjadi salah satu negara makmur di dunia. Khusus di bidang teknologi, Jepang memiliki lembaga pendidikan tinggi atau kosen yang berfokus pada pelajaran dan penerapan teknologi lanjutan dengan sangat detail.

9. Israel

Menurut laman berita CNBC, Israel merupakan salah satu negara dengan populasi berpendidikan terbesar di dunia. Sekitar 49,90 persen warga Israel memiliki latar belakang pascasarjana atau studi lanjutan pada bidang keilmuan tertentu. Posisi ini bahkan jauh melampaui posisi Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Data yang diambil dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tersebut juga menilai sebaik apa sistem pendidikan universitas di Israel. Ya, di Israel ada banyak universitas kelas dunia yang biasa dipilih oleh kalangan akademisi dari seluruh dunia.

10. Denmark

Ini Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya

Dicatat dalam laman CEO World, Denmark menjadi salah satu negara Eropa yang memiliki sistem pendidikan yang mumpuni. Ya, negara berpopulasi 6 juta jiwa tersebut bertengger di posisi 7 sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Eropa dan dunia. Beberapa sekolah di Denmark bahkan sudah memiliki kurikulum yang diakui sebagai kurikulum terbaik dan mulai diterapkan oleh banyak negara di dunia.

Secara umum, sistem pendidikan di Denmark masih mirip dengan sistem pendidikan di negara Skandinavia lainnya. Dengan jam sekolah yang tidak terlalu panjang, terbukti bahwa guru-guru di Denmark dapat mengaplikasikan ilmunya dengan efektif pada sebagian besar muridnya. Tentu saja, keberhasilan tersebut juga diraih karena peran serta dari orang tua murid.

11. Swiss

Negara yang terkenal dengan produk jam tangannya ini juga menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Menurut laman Internations, standar pendidikan dan sekolah internasional yang dibuka di Swiss memiliki standar yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara tetangganya.

Uniknya, antara sekolah negeri dengan swasta memiliki kualitas yang sama, sehingga ada banyak warga Swiss yang mengenyam pendidikan di sekolah negeri. Pendapatan negara yang sangat besar membuat pemerintah Swiss bisa mengalokasikan dana pendidikannya secara maksimal.

12. Selandia Baru

Negara tetangga dari Australia ini juga memiliki indeks cukup tinggi dalam hal pendidikan. Secara umum, sistem pendidikan di Selandia Baru memiliki standar yang tinggi dan menyamai standar pendidikan di negara-negara Eropa. Jurusan keuangan, teknologi, sains, sejarah, dan hukum adalah jurusan favorit bagi banyak orang.

Menurut laman education.govt.nz, sistem edukasi atau pendidikan di Selandia baru juga bersifat sangat heterogen. Ada banyak perbedaan etnis, agama, suku, dan budaya yang dapat berbaur dengan baik di sekolah-sekolah Selandia Baru. Apakah kamu juga tertarik melanjutkan studi ke Negeri Kiwi tersebut?

13. Swedia

The Borgen Project dalam lamannya mencatat bahwa sistem pendidikan dasar di Swedia dibagi menjadi 4 tingkatan atau jenjang sekolah. Anak berusia 1-5 tahun dapat mengikuti program prasekolah atau forskola. Setelah itu, anak-anak dapat bersekolah di jenjang berikutnya yang bernama forskoleklass, yakni jenjang taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Setelahnya, siswa siswi dapat menempuh sekolah menengah (mellanstadiet) dan juga sekolah menengah pertama atau hogstadiet.

Faktanya, setelah sekolah wajib dikuasai, hampir semua warga Swedia akan melanjutkan studi sesuai dengan jurusan atau bidang profesionalisme masing-masing. Dengan acuan standar yang jelas dan baku, pemerintah Swedia dapat dengan ketat menjaga dan mengontrol kualitas pendidikan mereka di mata dunia.

14. Singapura

Asia Tenggara juga tidak mau kalah dalam hal pendidikan. Buktinya, Singapura menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan yang diakui terbaik di dunia, dicatat dalam Smile Tutor. Bagi pemerintah Singapura, pendidikan adalah modal awal bagi kemajuan perekonomian sebuah negara.

Terbukti dengan ambisi positif dari pemerintahnya, Singapura yang meskipun negara kecil mampu bersaing dalam percaturan global. Satu lagi, kurikulum di Singapura juga sangat fokus pada pemecahan masalah dan keahlian-keahlian khusus yang tidak diajarkan di universitas negara-negara lain.

15. Prancis

Seperti dicatat dalam laman World Education News and Reviews, Prancis merupakan negara yang menjadikan pendidikan sebagai sebuah prioritas. Bahkan, sebesar 21 persen dari total anggaran nasional dialokasikan khusus untuk pendidikan. Negara berpopulasi 68 juta jiwa tersebut juga memiliki universitas yang diklaim sebagai salah satu universitas tertua di dunia, yakni Universitas Paris.

Perkembangan pendidikan di Prancis tak lepas dari pengaruh dan kekuasaan Gereja Katolik sejak awal abad pertengahan. Setelah terjadi Revolusi Prancis, sistem pendidikan menjadi lebih berkembang karena memiliki standar ketat dan terpusat pada negara, yakni di bawah arahan Kementerian Pendidikan.

16. Korea Selatan

Dari hasil penelitian yang ada, Korea Selatan bertengger di nomor 1. Korea mengalahkan Jepang yang meskipun investasi dalam pendidikan anak usia dini cukup tinggi tetapi masih belum mampu mengimbangi model pendidikan Korea Selatan yang bahkan memberlakukan lama belajar selama tujuh hari kerja. Di samping itu Anggaran pendidikan nasional pada tahun 2014 diperkirakan mencapai hingga 11 Miliar US Dollar atau setara 150 Triliun Rupiah. Tingkat melek huruf total adalah 97,9% dengan komposisi, laki-laki 99,2% dan 96,6% perempuan.

17. Rusia

Tingkat melek huruf yang mencapai angka 100%, ditambah dengan tenaga kerja Rusia yang terkenal sangat profesional dengan integritas tinggi menjadikan negara ini sebagai salah satu dalam urutan sistem pendidikan terbaik Dunia.

Bagaimana Dengan Sistem Pendidikan di Indonesia?
Meski Indonesia belum mampu bertengger di angka terbaik dunia atau setidaknya dalam 100 besar dunia dalam hal sistem pendidikan, hal itu tentu tak boleh menyurutkan semangat seluruh komponen bangsa untuk terus membangun sistem pendidikan yang baik dan sesuai dengan amanat Perundang-undangan.

Jika Anda adalah pelajar, maka tugas utama adalah belajar dengan baik agar bisa berkompetisi dalam persaingan global nantinya. Ini tentu adalah tanggung jawab seluruh Anak Bangsa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)