Ornamen Header
Bidik Standarisasi Global, Prodi Kimia Unpad Lakukan Akreditasi Internasional
Bidik Standarisasi Global, Prodi Kimia Unpad Lakukan Akreditasi Internasional
Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Rina Indiastuti. Foto/Dok/Humas Unpad
BANDUNG - Program Studi (Prodi) Sarjana Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran (Unpad) membidik standardisasi global dengan melakukan asesmen secara daring oleh lembaga akreditasi internasional bidang kimia “Royal Society of Chemistry (RSC)” yang berbasis di Inggris.

Menurut Rektor Unpad Rina Indiastuti , tujuan universitas memperoleh akreditasi internasional sesuai dalam Renstra Unpad 2020-2024, yaitu mewujudkan keunggulan akademik yang diakui secara internasional.

Baca juga: Pilihan Jurusan Kuliah Tak Selalu Sesuai Talenta, Jokowi: Contohnya Menkes

"Kami telah menginisiasi pengembangan kurikulum berbasis internasional melalui beberapa program kerja sama internasional seperti kurikulum bersama dan tim pengajar, gelar ganda, pertukaran fakultas dan mahasiswa, serta penelitian dan publikasi bersama. Pengembangan tersebut sangat didorong untuk memfasilitasi akreditasi internasional,” kata Rektor.



Sementara itu, ketua Tim Akreditasi RSC Kimia Unpad Juliandri berharap, melalui akreditasi ini, Prodi Kimia Unpad dapat menghasilkan alumni yang berdaya saing internasional yang memiliki karakter kuat dan menghargai budaya lokal.

Tim asesor RSC Dr. Graeme Hogarth dan Dr. June Mc Combie pada kesempatan tersebut melakukan visitasi melalui sesi tanya jawab untuk mengkonfirmasi terhadap isian form aplikasi dan dokumen pendukung yang telah dikirimkan oleh Prodi Sarjana Kimia dua bulan sebelumnya.

Baca juga: Mahasiswa UI akan Berlaga di Kompetisi Penerbangan Terbesar Dunia di Turki

Sesi tanya jawab dilakukan di antaranya kepada para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Diskusi dan tanya jawab juga dilakukan dengan Kaprodi, Ketua Departemen, tim kurikulum, serta tim penjaminan mutu fakultas. Acara diakhiri dengan memberikan feedback informal kepada tim.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!