Ornamen Header
Ini Solusi Mudah Buat Kalian yang Ingin Kuliah ke China, Cek Infonya
Ini Solusi Mudah Buat Kalian yang Ingin Kuliah ke China, Cek Infonya
Sejumlah siswa dan mahasiswa mengikuti kursus Bahasa Mandarin di salah satu lembaga kursus di Pare, Kota Kediri, Jawa Timur. Foto/Dok/BIP
JAKARTA - China , dikenal mempunyai murid-murid yang cerdas, kompetitif dan juga disiplin. Berdasarkan tingkat kemampuan membacanya, murid-murid di Beijing, China berada di peringkat paling atas dibandingkan dengan murid-murid di negara lain. Tingkat literasi anak muda di China bahkan mencapai 99,4 %.

Kira-kira apa sih yang membuat banyak murid di China ini unggul dan berprestasi? Apa yang membedakan sistem pendidikan di China dengan Indonesia?

Baca juga: Ini Macam-macam Beasiswa Kuliah yang Perlu Dipahami

Pendidikan merupakan indikator penting jika suatu negara ingin mengarah ke proses modernisasi dan sebagai komponen penting yang bisa meningkatkan kualitas di dalam masyarakatnya. Dengan begitu, secara tidak langsung dapat meningkatkan sosio ekonomis di penduduk.



Pemerintahan di sana ikut andil dalam mendapatkan pengajar yang bermutu, mereka mendorong para lulusan menengah yang memiliki bakat agar bisa memasuki lembaga pendidikan guru. Selama kurang lebih 9 tahun, mereka memiliki program gratis belajar untuk para pelajarnya. Ada beberapa faktor penting dari pendidikan di China.

Pertama adalah Pendidikan Dasar. Sama seperti di Indonesia, setelah menempuh pendidikan pra-sekolah, para siswa akan mulai masuk ke sekolah dasar pada umur 6 tahun dengan berbagai mata pelajaran yang sudah ditentukan.

Baca juga: 2.395 Guru Resmi Jadi Guru Penggerak Angkatan 1

Kedua adalah Pendidikan Menengah. Di sini mereka membaginya menjadi 2 bagian, yaitu Akademi dan Menengah kejuruan. Dan untuk akademisnya terbagi menjadi 2 level, Junior dan Senior. Level Junior akan dimulai pada saat mereka berumur 12 tahun dan berlangsung selama 3 tahun. Sedangkan untuk Senior, mereka akan melakukan tes untuk melihat apakah siswa tersebut layak untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya.

Ketiga adalah Pendidikan Khusus. Di mana dalam pendidikan ini dikhususkan untuk anak-anak yang memiliki kemampuan lebih dan nantinya akan diarahkan pada tujuan untuk mencapai standarisasi yang telah dibuat.

Keempat yaitu Pendidikan Tinggi. Di sini mereka akan mengikuti serangkaian tes yang nantinya menentukan jurusan apa yang harus mereka ambil.



Salah satu lembaga kursus Mandarin yang berada di Pare, Kota Kediri, Jawa Timur, yaitu Beijing Institute Pare yang memberikan kesempatan untuk kalian yang ingin merasakan sistem belajar di China. "Di sini, kalian akan dibimbing mulai dari belajar Bahasa Mandarin sampai metode agar mudah mendapatkan beasiswa ke sana, serta informasi mengenai pekerjaan," kata Owner Beijing Institute Pare Rangga Dani Aditya.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!