Aplikasi DINE Buatan Mahasiswa ITS Bantu Kamu yang Mau Makan di Restoran

Selasa, 21 September 2021 - 09:26 WIB
loading...
Aplikasi DINE Buatan Mahasiswa ITS Bantu Kamu yang Mau Makan di Restoran
Tampilan beberapa fitur aplikasi DINE. Foto/Dok/ITS
A A A
JAKARTA - Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat aplikasi khusus untuk metode dine in pada kafe atau restoran yang mampu memberikan pengalaman berbeda kepada penggunanya.

Ketiga mahasiswa ITS tersebut adalah Muhammad Rafi Hayla Arifa, Salsabila Irbah, dan Khairi Wiryawan. Ketiganya merupakan mahasiswa Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS yang bergabung dalam sebuah tim bernama Dine.Co.

Ketua Tim Dine.Co Muhammad Rafi Hayla Arifa mengatakan, semuanya bermula dari keprihatinan tim dengan adanya efek kebijakan PPKM yang menyulitkan para pelaku usaha dan juga para pembeli di sektor bisnis foods and beverages (F&B).

"Banyak dari mereka mengeluhkan sulitnya prosedur dine in (makan di tempat, red) mulai dari reservasi tempat, informasi antrean, hingga informasi kontak kafe atau restoran yang dapat dihubungi," katanya melalui siaran pers, Senin (20/9/2021).



Menurut Pihay, sapaan akrabnya, dengan adanya masalah yang sedang dihadapi saat ini, dibutuhkan teknologi yang dapat mengakomodasi keresahan masyarakat dan menjadi solusi bagi masalah tersebut. "Sehingga kami hadir dengan membawa inovasi yang adaptif dengan kehidupan masyarakat pada era new normal seperti saat ini," ujar mahasiswa asal Jakarta ini.

Lebih lanjut, Pihay menjelaskan, terdapat beberapa tampilan dan fitur pada aplikasi DINE buatan timnya. Pertama, terdapat fitur search bar untuk mencari lokasi kafe atau restoran. Pengguna juga dapat memilih lokasi dari yang terdekat sampai kategori berdasarkan ciri khas makanan suatu negara.

Kemudian terdapat juga tampilan detail informasi kafe atau restoran, mulai dari jam operasional hingga informasi terkait vaksinasi pegawai kafe atau restoran. Tampilan ini juga dilengkapi bagian diskon menarik, ulasan kafe atau restoran dan fitur live chat. "Fitur live chat ini ditujukan untuk pengguna jika ingin menanyakan informasi lebih dalam," terangnya.

Mahasiswa tahun ketiga ini melanjutkan, pengguna juga dapat melihat menu kafe atau restoran, lengkap dengan harga dan ilustrasi menu tersebut. Aplikasi juga dilengkapi dengan fitur reservasi jika ingin melakukan dine in di kafe atau restoran yang diinginkan.

Nantinya, pengguna akan mendapatkan QR Code yang akan di-scan dan divalidasi saat datang ke kafe atau restoran tersebut. "Sehingga saat di kafe atau restoran, timer pada aplikasi DINE akan berjalan sesuai dengan kebijakan pemerintah masing-masing," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)