5 Tips Mengenal Minat Agar Mudah Tentukan Karier Setelah Lulus Kuliah

Rabu, 22 September 2021 - 12:25 WIB
loading...
5 Tips Mengenal Minat Agar Mudah Tentukan Karier Setelah Lulus Kuliah
5 Tips Mengenal Minat Agar Mudah Tentukan Karier Setelah Lulus Kuliah. Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mahasiswa perlu mengetahui mengenal minat, bakat, atau passion sejak dini itu sangat penting. Hal ini diperlukan untuk mempermudah dalam menentukan jalan karier setelah lulus dari perguruan tinggi .

Dikutip dari Instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Rabu (22/9/2021), tidak sedikit mahasiswa yang ketika baru memulai perkuliahan merasa sulit mencari minat, bakat, atau passion yang dimiliki.

Bahkan, banyak dari mahasiswa yang merasa salah ambil jurusan perkuliahan karena tidak kunjung menemukan passion yang sesuai dan berujung pindah ke jurusan lain.

Padahal, tulis @diktivokasi, minat, bakat atau passion bukan hanya bisa ditemukan dari proses perkuliahan formal. Bisa juga ditemui di luar program studi yang kita ambil.



Dengan empat tahun masa kuliah, mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk mencoba berbagai kegiatan sebanyak-banyaknya serta menentukan mana yang sebenarnya diminati setelah benar-benar mencobanya.

Nah, biar lebih lengkapnya, yuk kita simak 5 tips mengenal minat untuk menentukan jalan karier, yang dirangkum @diktivokasi berikut ini.

1. Tetap Membuka Diri Terhadap Hal-Hal Baru
Ada banyak sekali hal-hal di luar sana yang belum kamu ketahui. Tidak usah cari ke ujung dunia, sebab di sekitar kamu saja pasti ada komunitas unit, profesi yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Atau bahkan keahlian khusus yang dimiliki oleh teman-temanmu.

2. Memperluas Pergaulan dan Pertemanan
Kalau kamu sekadar tahu tentang kegiatan baru, mungkin kamu tidak akan tertarik untuk menguliknya. Tetapi jika mengenal langsung dengan orang-orang yang berkecimpung dalam kegiatan tersebut maka kamu bakal lebih tertarik untuk terlibat di dalamnya karena bisa melihat perkembangan kegiatan tersebut secara langsung.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)