Puan Bangga Jumlah Perempuan yang Mengenyam Pendidikan Tinggi Meningkat

Minggu, 26 September 2021 - 15:17 WIB
loading...
Puan Bangga Jumlah Perempuan yang Mengenyam Pendidikan Tinggi Meningkat
Ketua DPR Puan Maharani saat memberikan orasinya di Universitas Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengaku bangga dengan jumlah perempuan yang mengenyam pendidikan tinggi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dia menyakini, kelak akan lahir perempuan-perempun yang akan menjadi pemimpin baik di level lokal, nasional, bahkan dunia.

"Sebagai sesama perempuan, kita merasa bangga. Indonesia punya harapan bahwa di masa depan, perempuan Indonesia akan tampil maju bahkan jadi sosok pemimpin yang tidak hanya menjadi kebanggaan keluarga tetapi juga bangsa dan negara,” Kata Puan Maharani dalam paparannya di Jakarta.



Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR ini menegaskan, pendidikan dapat menjadi ‘game changer’ dalam memberdayakan perempuan. Tentunya perlu dukungan, terutama dari keluarga dan masyarakat sekitar bagi perempuan untuk dapat berkembang.

"Dengan pendidikan maka terdapat kesadaran akan hak dan kewajiban perempuan untuk meningkatkan kapasitasnya dan untuk mencapai cita-citanya," ungkap mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tersebut.

Putri mantan Presiden RI ke 5 ini menambahkan, mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan hanya mengenai intelektualitas, tetapi lebih luas mengenai kecerdasan dalam seluruh perikehidupan bangsa.



"Oleh karena itu, jika ingin pendidikan Indonesia bersumbangsih terhadap masa depan kehidupan bangsa, maka diperlukan fokus serta titik berat pada nation and character building,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan, pendidikan yang tinggi bagi perempuan merupakan hal penting untuk digapai, karena peran seorang perempuan tidak hanya sekadar mengurus rumah tangga saja, namun juga menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya nanti.

"Era saat ini pun juga telah berkembang, sehingga pendidikan menjadi faktor penting dalam meraih kesuksesan dan kesejahteraan," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5982 seconds (0.1#10.140)