Ini Empat Tips bagi Fresh Graduate untuk Raih Pekerjaan Impian

Senin, 27 September 2021 - 08:55 WIB
loading...
Ini Empat Tips bagi Fresh Graduate untuk Raih Pekerjaan Impian
Vina Maulina Omar, Asisten Direktur di Holding BUMN, pada acara Youth Inspiring Talk BEM FEB UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (25/9/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) kini mulai menurun. Artinya, banyak perusahaan mulai kembali beraktivitas. Ketik saja kata kunci “Lowongan Kerja September 2021” di Google, maka peluang pekerjaan bertebaran bak jamur di musim penghujan.

Menurut Vina Maulina Omar, Asisten Direktur di Holding BUMN Pertambangan sekaligus influencer dengan 1,2 Juta Follower di Tiktok, fenomena ini adalah peluang yang tidak datang dua kali. Oleh karena itu, Vina mengajak para lulusan baru ( fresh graduate ) untuk mempersiapkan diri agar dapat memulai karir dan kehidupannya dengan cemerlang.



“Butuh trik tersendiri supaya bisa mencapai karir dan impian yang gemilang di masa depan. Apalagi di era post-pandemi seperti ini. Karena saingan kita untuk mencari kerja dan berkarir nantinya bukan hanya fresh graduate (lulusan baru), tapi juga para experienced hire (profesional berpengalaman) yang akibat pandemi jadi menganggur,” ungkap Vina pada acara Youth Inspiring Talk yang diselenggarakan BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Yogyakarta bersama Campuspedia dan SEVIMA, Sabtu (25/9/2021).

Sebagai sosok yang kerap viral di Tiktok karena membagikan tips dan pengalamannya dalam mencapai puncak karir di usia muda, Vina dan para influencer punya empat tips khusus untuk merintis karir pasca pandemi bagi para lulusan baru. Ini dia tipsnya:

Pertama, Pastikan Tujuan Karirmu
Setiap orang memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Misalnya ada yang ingin mencari uang sebanyak-banyaknya, ada yang ingin membanggakan keluarga dan daerahnya, ada juga yang ingin mengabdikan diri untuk kemajuan di sektor ataupun bidang tertentu.

Semua tujuan itu sangat mulia. Oleh karena itu, tujuan karir perlu dipikirkan dan ditentukan sedini mungkin. “Bukan sebuah hal yang sulit untuk membangun karir di masa depan. Namun, perlu diingat ya, bahwa membangun karir ini harus dipikirkan secara matang, mulai dari membuat tujuan karir, pertanyaan sederhana: apa sih yang kamu inginkan dalam pekerjaan?” jelas Vina.



Cara mencari tujuan karir tidaklah sulit. Bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti memahami potensi, bakat, dan passion yang selama ini dimiliki. Dari situ, milenial bisa mulai menulis dan memetakan apa yang selama ini ingin dicapai sebagai tujuan karir.

Vina menyarankan para milenial untuk menulis dan memvisualisasikan rencana-rencana tersebut. Baik jangka pendek dan jangka panjang. Tujuannya agar rencana tidak mudah dilupakan, dan menjadi peta jalan kehidupan yang runtut serta sistematis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)