UGM Universitas Terbaik di Indonesia versi Mosiur 2021

Rabu, 29 September 2021 - 16:47 WIB
loading...
UGM Universitas Terbaik di Indonesia versi Mosiur 2021
Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi universitas terbaik di Indonesia versi Moscow International University Ranking (Mosiur). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat satu di Indonesia dalam daftar tujuh universitas terbaik di tanah air yang dirilis oleh Moscow International University Ranking ( Mosiur ) pada pertengahan September lalu.

Selain UGM, dalam daftar tujuh universitas terbaik tersebut ada ITB dan UI yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Selanjutnya peringkat keempat hingga ketujuh ditempati oleh Unair, Unpad, IPB dan ITS.



Dalam daftar perguruan tinggi yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkatan yang bermarkas di Rusia ini juga disebutkan bahwa UGM menempati peringkat kelompok 601- 650 dunia dari daftar 2000 lebih perguruan tinggi yang telah disurvei.

Menanggapi hasil pemeringkatan Mosiur yang menempatkan UGM peringkat satu di Indonesia, Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono menyampaikan rasa syukur atas pengakuan capaian dari hasil rekognisi yang dilakukan oleh pihak luar terhadap UGM selama ini.

“Kami bersyukur atas hasil tersebut karena perbaikan kualitas yang dilakukan secara terus-menerus oleh UGM memberikan hasil dan dibuktikan dengan penilaian oleh pihak luar. Dengan kualitas yang baik maka kemanfaatan dan kontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara diharapkan semakin besar,” katanya melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id, Rabu (29/9/2021).



Seperti diketahui dalam laman www.mosiur.org disebutkan, ada tiga indikator kriteria pemeringkatan yang dijadikan tolak ukur dalam penilaian sebuah universitas yakni bidang pendidikan (45%), penelitian (25%) serta indikator universitas dan masyarakat (30%).

Di bidang pendidikan, rasio anggaran terhadap mahasiswa dan rasio mahasiswa dan staf akademik memiliki porsi penilaian paling besar yakni masing-masing 15 persen. Di UGM, kata Rektor, rasio anggaran terhadap kegiatan mahasiswa dalam bidang riset dan kemahasiswaan ditingkatkan, begitu pun mahasiswa dengan staf akademik makin diperkecil.

“Dana yang dianggarkan untuk mahasiswa makin besar. Harapannya menghasilkan kualitas lulusan yang makin baik dan relevan dengan kebutuhan zaman. Demikian pula rasio mahasiswa per staf makin kecil berarti pelayanan mahasiswa oleh staf makin baik. UGM terus mempertahankan rasio yang baik untuk hal ini bahkan terus meningkatkannya,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4595 seconds (0.1#10.140)