Pemerintah Diminta Bantu Pemberkasan Guru yang Lolos Seleksi PPPK

Rabu, 06 Oktober 2021 - 17:08 WIB
loading...
Pemerintah Diminta Bantu Pemberkasan Guru yang Lolos Seleksi PPPK
Ribuan guru honorer mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap 1. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Guru peserta seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ) akan menerima hasil pengumuman pada Jumat 8 Oktober 2021. Pemerintah pun diminta untuk membantu proses pemberkasan guru yang dinyatakan lolos agar bisa segera diangkat.

Sebelumnya Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada Raker dengan Komisi X DPR menyatakan sebanyak 97.000 guru lolos seleksi kompetensi PPPK tahap I.



Ketua Umum Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri ( FGHBSN ) Nasional Rizki Safari Rakhmat menyatakan, walaupun hasil saat itu belum final namun dia berharap hasilnya bisa lebih dari jumlah tersebut. Hal ini agar hasil seleksi yang diumumkan tidak merugikan pelamar yang sudah lolos tersebut.

Rizki juga meminta kepada Kemendikbudristek dan Panselnas agar dapat langsung memfasilitasi pemberkasan selanjutnya bagi pelamar PPPK Guru tahap I yang sudah lulus.

“Sehingga dapat langsung diangkat tanpa harus menunggu sampai tahap 3 selesai,” kata Rizki melalui pesan Whatsapp, Rabu (6/10/2021).



Rizki juga meminta Kemendikbudristek dan Panselnas dapat memberikan informasi atau memastikan terkait penyesuaian jadwal seleksi tahap II dan III. Dengan kepastian jadwal ini, ujarnya, maka pelaksanaan selanjutnya dapat berjalan tepat waktu.

“Semoga kedepannya berjalan lancar dan tidak ada lagi pengunduran waktunya,” harapnya lagi.

Sementara itu, berkaitan dengan jumlah formasi yang dilamar pada seleksi tahap I sebanyak 326.476 (55%) formasi dan ada sekitar 179.771 (45%) formasi kosong tidak ada pelamarnya. Dia berharap, formasi kosong tersebut dapat dioptimalkan di tahap II untuk dapat dipilih kembali sehingga seleksi tahap II tidak menyiasakan formasi kosong tanpa pelamar.

“Ini harus jadi bahan evaluasi kedepannya bagaimana agar formasi tersebut dapat refresentatif sesuai kebutuhan guru PPPK di setiap daerah,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemendikbudristek merilis pengumuman hasil seleksi kompetensi tahap I Guru ASN PPPK tahun 2021 direncanakan pada Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB yang bisa disimak siaran langsungnya melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.

“Perlu kami tekankan bahwa Kemendikbudristek selalu berada di belakang para guru honorer dan terus mendorong serta memastikan kemudahan dalam mengikuti seleksi ASN PPPK. Kami juga mengingatkan bahwa kesempatan tidak berhenti sampai di tahap satu saja, sehingga kami mengajak guru honorer untuk memfokuskan energi serta konsentrasi untuk mengikuti kesempatan kedua dan ketiga yang masih sangat terbuka,” ujar Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)