Nadiem: 3.100 Desa Jadi Lokasi Mahasiswa KKN Tematik Wirausaha

Kamis, 07 Oktober 2021 - 10:44 WIB
loading...
Nadiem: 3.100 Desa Jadi Lokasi Mahasiswa KKN Tematik Wirausaha
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Sebanyak 3.100 desa telah menjadi lokasi mahasiswa mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Tematik Wirausaha ( KKN TKWU ). Melalui program ini juga mahasiswa disiapkan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, salah satu program Kampus Merdeka KKN Tematik yang mengajak mahasiswa berkontribusi langsung mengembangkan potensi daerah. Salah satu kegiatan turunan KKN Tematik tersebut adalah KKN Tematik Wirausaha (KKN TKWU).



Sejak diluncurkan tahun lalu, kata Menteri Nadiem, KKN TKWU telah berkontribusi pada pembangunan ketenagakerjaan dan kewirausahaan inklusif di berbagai daerah. Berkat kolaborasi Kemendikbudristek dengan USAID, saat ini sudah lebih dari 3.100 desa di 146 kabupaten menjadi kawasan pelaksanaan KKN TKWU.

“Ke depan, kita akan terus meningkatkan jumlahnya dengan melibatkan lebih banyak mahasiswa,” katanya pada Konferensi Nasional “Sebuah Inisiatif Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan yang Inklusif” melalui siaran pers, Kamis (7/10/2021)

MBKM, dilanjutkan Nadiem, mendorong mahasiswa mengambil manfaat besar belajar di luar kampus. Mahasiswa akan siap berenang di lautan lepas dengan ombak yang kencang yaitu dinamika dunia kerja dan lingkungan masyarakat.



Untuk itulah, jelasnya, Kemendikbudristek mengembangkan delapan Program Kampus Merdeka dengan jaminan pendanaan dan transfer kredit 20 SKS.

“Karena sifatnya tematik maka lebih terstruktur dan fokus. KKN ini berbeda dari biasanya Mahasiswa peserta KKN TKWU bisa mengembangkan keterampilan untuk menyiapkan diri menghadapi tantangan masa depan,” terangnya.

Direktur Kantor Pertumbuhan Ekonomi dan Pendidikan, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID), Thomas Crehan, mengaku bangga bisa mendukung KKN TKWU.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3581 seconds (0.1#10.140)