Ornamen Header
Sama-sama Universitas Negeri, Ini Perbedaan PTN dan PTKIN
Sama-sama Universitas Negeri, Ini Perbedaan PTN dan PTKIN
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Meski sama-sama kampus negeri namun ada beda antara Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Berikut ini penjelasan keduanya untuk memudahkan calon mahasiswa baru mencari kampus pilihan.

Melansir laman platform edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Minggu (10/10/2021), PTKIN merupakan sebutan untuk beberapa kampus yang berada di bawah naungan dari Kementerian Agama (Kemenag). Terdapat 3 kategori perguruan tinggi yang disusun Kemenag:

Baca juga: UGM Menempati Peringkat ke-5 Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2022

1. UIN atau Universitas Islam Negeri
2. IAIN atau Institut Agama Islam Negeri
3. STAIN atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri



Jika diperhatikan, PTKIN memang lekat kaitannya dengan agama Islam. Sehingga kampus yang disebutkan di atas bisa jadi pilihan bagi kalian yang tertarik untuk mendalami ilmu agama secara lebih serius.

Namun PTKIN tidak hanya memberi materi ilmu agama Islam saja, beberapa kampus pun membuka jurusan yang umumnya kita sudah kenal, seperti jurusan Kedokteran dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Sama seperti PTN, keberadaan PTKIN juga tersebar dari Aceh hingga Papua.

Baca juga: Transformasi, IAIN Cirebon Buka Program Studi PJJ PAI, Cek Syaratnya

Berikut ini beberapa perbedaan PTN dan PTKIN yang perlu diperhatikan.
1. Perbedaan Jalur Masuk

Jalur masuk perguruan tinggi yang kamu sudah sering dengar apa saja, sih? SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh beberapa perguruan tinggi. PTKIN memiliki jalur masuk atau seleksi mahasiswa yang agak berbeda. Yakni:
- SPAN-PTKIN
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!