Dukung Kampus Merdeka, IPB University dan Universitas Pakuan Kolaborasi Penelitian

Senin, 11 Oktober 2021 - 09:55 WIB
loading...
Dukung Kampus Merdeka, IPB University dan Universitas Pakuan Kolaborasi Penelitian
FMIPA IPB University-Universitas Pakuan Bogor gelar Webinar Sensor Ferroelektrik serta Strategi Perlindungan dan Permohonan Paten secara daring. Foto/Dok/IPB
A A A
JAKARTA - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University bersama Sekolah Vokasi Universitas Pakuan Bogor tandatangani Perjanjian Kerja sama pada rangkaian kegiatan Webinar ”Sensor Ferroelektrik serta Strategi Perlindungan dan Permohonan Paten” (7/10).

Acara yang digelar oleh Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) - IPB University ini menjadi langkah awal kerja sama kedua perguruan tinggi itu untuk mendukung implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).



Dalam sambutannya, Dekan Sekolah Vokasi Universitas Pakuan, Dr. Tjut Awaliyah Z, MKom mengungkapkan bahwa kerja sama ini dapat menjadi salah satu sarana menuju sarjana terapan yang membutuhkan implementasi Kampus Merdeka.

“Harapannya kerja sama ini tidak hanya berhenti sampai penelitian saja, tetapi dapat berlanjut ke bidang-bidang lain. Terutama yang saat ini sedang ramai dibicarakan, yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Dr. Tjut Awaliyah Z, yang juga dosen Ilmu Komputer Unpak dalam keterangan pers, Senin (11/10/2021).

Dekan FMIPA IPB University, Dr Berry Juliandi menilai bahwa Sekolah Vokasi dapat menjadi andalan dalam pengembangan sumberdaya manusia yang memiliki keterampilan. “Penelitian pendidikan modalnya dihasilkan dari dasar terlebih dahulu. Untuk meningkatkan penelitian dan kolaborasi bersama demi kemajuan di berbagai bidang, IPB University siap membantu kapanpun jika dibutuhkan,” ujar Dr Berry Juliandi.



Sementara itu, dalam webinar yang diselenggarakan dalam rangka skema Hibah Penelitian Kerja sama antar Perguruan Tinggi (PKPT) ini menghadirkan dua narasumber. Yakni Dr Irzaman dan Dr drh I Ketut Mudite Adnyane.

Dr Irzaman memaparkan sintesis dan karakterisasi film berbasis bahan ferroelektrik dan penerapannya sebagai sensor ferroelektrik. Menurutnya, ferroelektrik menunjukkan bahwa loop histeris elektrik yang polarisasi spontan tetap ada walau tidak ada medan elektrik.

“Saat ini tim telah berhasil mensintesis film berbasis ferroelektrik yang dapat diterapkan sebagai sensor suhu (sifat pyroelektrik), sensor cahaya (sifat ferroelektrik) dan sensor tekanan (sifat piezoelektrik),” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)