Ini 4 Tips Persiapan Karier yang Penting Diketahui Mahasiswa

Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:19 WIB
loading...
A A A
Dio mengungkapkan tips ketiga yaitu membangun portofolio. Dengan cara mengikuti program magang, mengambil kursus, melakukan volunteer, serta mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan mahasiswa.

“Karena proses ini merupakan kesempatan untuk belajar untuk mengenali diri sendiri,” ungkap alumnus Universitas Indonesia ini.

Tips terakhir yakni perluas networking dan temukan mentor. Dio mengatakan dengan memperluas jaringan mahasiswa dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya.

Wawasan baru dapat diperoleh dari mentor, teman, ataupun senior yang sudah profesional. Cobalah bergabung dengan berbagai komunitas dan cari tahu informasi seputar perusahaan melalui sosial media.

“Mentor dan networking ini penting karena dapat memberikan insight baru,” tegas Dio.

Dalam webinar bertajuk How To Develop Personal Future Career Path, Dio menegaskan bahwa keempat tips di atas itu penting untuk diperhatikan mahasiswa guna menghadapi segala perubahan di era new normal.

Karena berbagai permasalahan masa pandemi tentunya memberikan pengaruh dan tantangan besar bagi seorang fresh graduate dalam mencari pekerjaan.

“Sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan maupun kualitas diri agar dapat bersaing nantinya di dunia pekerjaaan,” pungkas Dio.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)