UI Peringkat I di Indonesia Bidang Social Sciences versi THE WUR 2022

Senin, 18 Oktober 2021 - 21:20 WIB
loading...
UI Peringkat I di Indonesia Bidang Social Sciences versi THE WUR 2022
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) kembali meraih peringkat pertama universitas terbaik di Indonesia pada bidang Social Sciences di pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) by Subject 2022.

Berdasarkan pemeringkatan THE WUR 2022 , UI juga menempati peringkat 401-500 universitas terbaik dunia di bidang ilmu Social Sciences tersebut. UI naik di peringkat ke-7 di Asia Tenggara yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang berhasil masuk Top 10 di Asia Tenggara.



Dalam mengukur kinerja perguruan tinggi, THE WUR by Subject 2022 menggunakan indikator yang sama dengan THE WUR 2022. Indikator tersebut telah dikalibrasi untuk menyesuaikan setiap bidang ilmu. THE WUR by Subject 2022 melakukan penilaian pemeringkatan berdasarkan lima indikator, yaitu: Industry Income (2,5%), International Outlook (7,5%), Teaching (30%), Research (30%), dan Citations (30%).

Lembaga ini melakukan pemeringkatan berdasarkan aspek performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar, rasio jumlah staf-mahasiswa, rasio lulusan bergelar sarjana-doktoral, penghargaan doktor sesuai dengan disiplin ilmu), kinerja penelitian, jumlah karya perguruan tinggi yang dikutip (sitasi) oleh para sarjana secara global, pendapatan industri, serta pandangan internasional (proporsi mahasiswa asing, kolaborasi internasional).

Empat bidang ilmu di Universitas Indonesia (UI) menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia THE. THE merilis THE WUR by Subject 2022 untuk 5 bidang ilmu yaitu: Engineering dan Computer Science (6 Oktober 2021) dan Social Sciences, Business & Economics, Law pada 6 Oktober 2021. Pemeringkatan tersebut diumumkan melalui laman resmi THE World University Rankings https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/by-subject .



Jika ditinjau dari lima indikator penilaian THE WUR by Subject 2022, di Indonesia UI unggul pada empat indikator penilaian. Keempat indikator tersebut yaitu, Industry Income 97.8, International Outlook dengan skor 58.3, Teaching 31.8, dan Research 16.6. Bidang studi Social Sciences mencakup berbagai subjek. Subjek yang digunakan untuk membuat peringkat ini adalah Communication and media studies, Politics and international studies (including development studies), Sociology, dan Geography.

Pada bidang ilmu Engineering, UI menempati peringkat terbaik kedua di Indonesia, berhasil masuk dalam Top 15 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, dan peringkat 601–800 di dunia. Skor UI pada indikator Industry Income merupakan skor tertinggi dari indikator lainnya yaitu, 81.6. Di Indonesia, pada bidang ilmu ini UI unggul pada indikator penilaian International Outlook 50.8 dan Teaching 29.1.

Menanggapi pencapaian tersebut, Dekan Fakultas Teknik UI Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono mengatakan bahwa pencapaian ini menempatkan FTUI sebagai salah satu institusi pendidikan teknik terbaik di Indonesia. “Perhatian khusus FTUI diberikan terhadap usaha untuk meningkatkan peringkat internasional FTUI. Dari capaian riset dan pengmas, FTUI terus meningkat dari tahun 2017 – 2020, yaitu sebesar 63.3 miliar pada tahun 2020. Beberapa hasil riset juga telah berhasil dikomersialisasi diantaranya ventilator darurat “Covent-20”, Propolis Indonesia, Flock Swab, dan masih banyak lagi,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2814 seconds (0.1#10.140)