5 Tips Menulis Motivation Letter Beasiswa

Selasa, 19 Oktober 2021 - 17:04 WIB
loading...
5 Tips Menulis Motivation Letter Beasiswa
Beasiswa. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - 5 tips menulis motivation letter ini perlu disimak bagi para pencari beasiswa . Motivation letter yang disyaratkan lembaga beasiswa menjadi salah satu syarat kesuksesan para pejuang beasiswa untuk mendapatkan pembiayaan kuliah di perguruan tinggi yang dituju.

Dikutip dari instagram resmi Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi ( Diktiristek ) Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, Selasa (19/10/2021), motivation letter atau esai yang berisi motivasi diri adalah salah satu dokumen penting yang menjadi syarat ketika mendaftar beasiswa.



Dari motivation letter ini, lembaga pemberi beasiswa dapat mengetahui lebih dalam mengenai latar belakang, motivasi, cita-cita, serta kelebihan yang ada pada dirimu.

Lalu bagaimana cara menulis motivation letter yang baik dan benar? Simak tips dan langkah-langkah penting yang bisa dipelajari untuk mendukung penulisan esai kalian.

1. Siapkan kerangka tulisan guna mempermudah alur penulisan serta menjaga struktur penulisan sedari awal.

2. Penting untuk mengenali diri sendiri lebih jauh, pahami keunggulan, kekurangan, pengalaman diri, tujuan hidup, cita-cita dan alasan ingin melanjutkan pendidikan.



3. Perbanyak riset dan ketahui karakteristik tentang kampus maupun jurusan yang dituju.

4. Tunjukkan bukti konkret atas pencapaian yang pernah kamu raih selama menempuh pendidikan di instansi sebelumnya.

5. Pastikan informasi yang disampaikan komprehensif dan memiliki korelasi kuat antara kemampuan serta pengalaman diri dengan program studi yang akan dituju.

Demikian 5 tips menulis motivation letter yang bisa digunakan para pejuang beasiswa. Selamat mencoba.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)