Menuju Entrepreneur University, UP Hadirkan Banyak Praktisi Bisnis ke Kampus

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:08 WIB
Menuju Entrepreneur University, UP Hadirkan Banyak Praktisi Bisnis ke Kampus
Rektor Universitas Pancasila (UP) Edie Toet Hendratno pada wisuda Sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Selasa (26/10). Foto/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Rektor Universitas Pancasila (UP) Edie Toet Hendratno mengatakan untuk menyiapkan entrepreneur memerlukan proses waktu dan latihan. Sejalan dengan hal itu, UP sedang bersiap menjadi entrepreneur university.

"Proses pendidikan menuju seorang alumni yang mempunyai pengetahuan entrepreneur atau pengusaha itu kami berikan di kampus ini," kata Edie usai wisuda Sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Simak, Ini Tahapan Pengajuan Jabatan Guru Besar atau Profesor untuk Dosen

Untuk itu, pihaknya sering mendatangkan praktisi kewirausahaan yang sukses dan memberikan kuliah umum pada mahasiswa agar mereka bisa menyerap ilmu yang diberikan. Dengan demikian, para mahasiswa dapat belajar langsung dari para praktisi bisnis tersebut. "Kami menghadirkan praktisi bisnis untuk memberikan kuliah umum yang bukan hanya bersifat teori, tapi juga praktik sehingga mahasiswa mengerti dunia usaha,"tukasnya.



Satu hal yang juga menjadi penekanan adalah agar mahasiswa dan alumni tetap menanamkan dan menjalankan nilai luhur Pancasila.

"UP telah mempersiapkan lulusannya tidak hanya sukses menjadi profesional atau enterpreneur namun memiliki nilai-nilai pancasila, sebagaimana yang telah dipelajari sejak masuk kampus, sehingga nilai-nilai luhur Pancasila dapat diterapkan dalam setiap perbuatan dan/atau perilaku di masyarakat dengan sebaik-baiknya," tambahnya.

Baca juga: UGM Temukan Alat Deteksi Penyembuhan Luka Diabetes Secara Tepat dan Akurat

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam orasi ilmiahnya mengatakan, pandemi Covid-19 membuat setiap negara mempersiapakan sumber daya manusia (SDM) unggul sehingga mampu bertahan dan bertransformasi di era digital saat ini.

"Setiap lembaga pendidikan tidak hanya lahirkan generasi unggul, namun perlu memiliki nilai-nilai Pancasila, agar ketika lulus tidak hanya menjadi profesional atau enterpreneur yang sukses namun memiliki nilai pancasila seperti nilai kebenaran, nilai Kebaikan dan nilai keindahan," katanya.

Pada Wisuda kali ini, jumlah Wisudawan D3/S1/S2/S3 dan Apoteker yang akan diwisuda adalah 1.464 orang. Dengan tambahan kelulusan ini, tercatat sejak didirikan pada 28 Oktober 1966, UP telah memiliki 66.945 alumni dari berbagai program studi.
(mpw)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1522 seconds (10.101#12.26)