Lewat Animasi, Mahasiswa ITS Angkat Kekayaan Rempah Nusantara

Sabtu, 06 November 2021 - 09:12 WIB
loading...
Lewat Animasi, Mahasiswa ITS Angkat Kekayaan Rempah Nusantara
Mahasiswa DKV FDKBD ITS membuat animasi tentang rempah nusantara yang berjudul Berkah Tanah Pertiwi. Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, kesadaran masyarakat mengenai keberadaan rempah-rempah di Indonesia yang dari dulu dikenal sangat kaya kini mulai luntur.

Untuk menumbuhkan kembali kesadaran akan hal itu, mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) ITS membuat animasi tentang rempah nusantara yang berjudul Berkah Tanah Pertiwi.



Zahirah Salma Nuha, Zahra Fithriyah Muna, dan Amadeus Erlangga Duta Basundoro yang tergabung dalam Tim Arutala merupakan dalang dari karya animasi tersebut. Animasi ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Kandis yang membuat alat Ramu Tech bersama ayahnya.

Dalam kisahnya, Kandis merasa prihatin dengan teman-temannya sebagai generasi muda yang jarang mengenal rempah. Padahal, rempah merupakan salah satu budaya di Indonesia yang harus dilestarikan.

“Apalagi rempah-rempah juga dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19 ini,” tutur Zahirah Salma Nuha, salah satu anggota tim melalui siaran pers, Jumat (5/11/2021).



Kandis, tokoh utama dalam film ini, adalah seorang anak perempuan yang cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dalam pembuatan desain karakter Kandis, tim yang merupakan mahasiswa angkatan 2019 ini menggunakan aksen ke-Indonesia-an, contohnya dalam bando yang dikenakan Kandis.

Menurut mahasiswa yang kerap disapa Alma ini, bando yang dikenakan tersebut terinspirasi dari batik rempah khas Ambon dan dikombinasikan dengan penggunaan teknologi masker yang canggih. Menariknya, nama Kandis sendiri juga berasal dari nama salah satu rempah di Indonesia yaitu asam kandis.

Bukan sekadar cerita lakon biasa, dalam animasi ini tercipta sebuah alat canggih bernama Ramu Tech. Alat tersebut memiliki beberapa fitur menarik, seperti halnya fitur scanning tubuh pada mata Ramu Tech, fitur hand sanitizer untuk tetap dapat menjaga protokol kesehatan, serta layar yang menampilkan hasil screening tubuh dan manfaat rempah-rempah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4163 seconds (0.1#10.140)