FSRD IKJ Gelar Workshop Memotret Memakai Kamera Ponsel dengan Hasil Maksimal

Kamis, 11 November 2021 - 13:28 WIB
loading...
FSRD IKJ Gelar Workshop Memotret Memakai Kamera Ponsel dengan Hasil Maksimal
Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (FSRD IKJ) menggelar workshop fotografi di Perkemahan Bukit Cisadon, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (FSRD IKJ) menggelar workshop fotografi di Perkemahan Bukit Cisadon, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Pelatihan ini bertujuan menambah kemampuan mengambil foto dengan kamera ponsel.

Wakil Dekan Bidang Riset Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (RIPkM) FSRD IKJ, Nicholas Wila Adi Pratama mengatakan, gelaran Workshop Photography Alam Cisadon: Mengoptimalkan Ponsel merupakan hasil kerja sama pihaknya dan Direktorat Inovasi dan Science Tecno Park Universitas Indonesia (UI). Sebagai peserta latihan adalah Komunitas FEDE, komunitas pecinta sepeda Federal di sekitar Kota Depok.

Kegiatan yang menjadi bagian program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, kata Nicholas, bertujuan menambah skill (kemampuan) mengambil foto dengan barang-barang sekitar dan digunakan sehari-hari. Salah satunya kamera di ponsel.

Baca juga: Asah Kreativitas, Anita Dalami Dunia Fotografi dan Scrapbook

"Hasil jepretan yang bagus tidak hanya bisa diambil dengan kamera canggih profesional, seperti kamera DSLR dan mirrorless. Hasil jepretan yang bagus juga bisa diambil dengan telepon genggam yang kita semua miliki," kata Nicholas dalam keterangan tertulisnya dikutip, Kamis (11/11/2021).

Pemateri workshop adalah dosen FSRD IKJ Aryadianta dan Fabianus Koesoemadinata. Tak hanya teori, keduanya juga memberikan pelatihan langsung serta mempraktikkan bagaimana menghasilkan sebuah karya fotografi yang berkualitas melalui kamera ponsel.

Tips dan trik disampaikan oleh pembicara dengan terjun langsung bersama peserta. Saat pelatihan peserta pun antusias dengan mengeluarkan gawai masing-masing untuk mempraktikkan teori yang telah disampaikan.

Baca juga: Gelar Pelatihan Menulis dan Fotografi Jurnalistik, TMP PDIP Cetak Jurnalis Handal

"Workshop ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta untuk meningkatkan kemampuan fotografi yang bisa dilakukan dengan gawai atau kamera ponsel yang kita gunakan sehari-hari," katanya Nicholas.

Ikut hadir dalam workshop fotografi ini Tommy Christomy, Sunu Wasono, dan Frans Asisi Datang, perwakilan dari Bidang Direktorat Inovasi dan Science Tecno Park UI.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1842 seconds (0.1#10.140)