UKSW Salatiga Gandeng Aruba Kembangkan IoT Based Campus

Sabtu, 13 November 2021 - 08:50 WIB
loading...
UKSW Salatiga Gandeng Aruba Kembangkan IoT Based Campus
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggandeng Aruba untuk menunjang sistem IT perkuliahan secara daring atau luring. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggandeng Aruba untuk menunjang sistem IT perkuliahan secara daring atau luring. Sistem ini membuat UKSW dapat menerapkan perkuliahan modern berbasis teknologi informasi dan internet yang lebih maju dan tanpa gangguan.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara dan Aruba Country Manager, Robert Suryakusuma di Kampus UKSW, Salatiga, Jumat (12/11/2021).

Robert Suryakusuma mengatakan, ruang lingkup kerja sama UKSW dan Aruba, antara lain terkait kemudahan mahasiswa mengakses internet untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain itu, untuk mewujudkan kegiatan kampus merdeka dalam bentuk training, sertifikasi, dan juga laboratorium jaringan.

Baca juga: Temuan Baru, Mahasiswa UKSW Ciptakan Bioplastik dari Sisik Ikan dan Kulit Singkong

Sesuai dengan ruang lingkup yang telah disepakati, Aruba atau a Hewlett Packard Enterprise Company, melalui business partnernya, PT Synetcom Lintas Buana mendukung program kampus merdeka melalui program Aruba Academy Express. "Kami siap untuk berkolaborasi dan memberi kontribusi keilmuan bagi UKSW, memberi dampak dalam peningkatan sumber daya perguruan tinggi berkualitas sesuai permintaan pasar untuk mendorong tumbuhnya ekonomi digital Indonesia," katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (13/11/2021).

Aruba memiliki dua program pelatihan Aruba Academy yaitu Mobility (Wireless) dan Switching (Wired), dan 5 program sertifikasi yaitu Mobility (Wireless), Switching (Wired), Design, Celarpass, dan Security. Tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun selanjutnya ketiga program sertifikasi yang lain juga akan tersedia di pelatihan Aruba Academy.

Neil Semuel Rupidara menyambut baik kerja sama ini. Dia berterima kasih kepada Aruba dan melihat kerja sama ini sangat penting dalam mewujudkan akselerasi transformasi pendidikan digital. UKSW yang memiliki tiga kampus dapat terkoneksi internet dengan bandwith yang sangat kuat, sehingga memberikan layanan maksimal kepada mahasiswa dan dosen. Di sisi lain, kerja sama ini juga mengamankan sistem yang ada, sehingga tidak disalahgunakan orang tidak bertangggung jawab.

Baca juga: UKSW Salatiga Benarkan Paul Zhang Alumni, Kuliah di Fakultas Pertanian

Sementara itu, Direktur Utama PT Synetcom Lintas Buana, Kristijadi menambahkan, perusahaannya yang berdiri di Indonesia sejak Febuari 2001, telah bekerja sama dengan Aruba selama 11 tahun. Synetcom sekarang merupakan Platinum Partner Aruba dan telah melakukan ekspansi ke bidang komunikasi lain seperti Multimedia dan Transmisi Infrastruktur.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2274 seconds (0.1#10.140)