163 Tim dari 61 Kampus Siap Berlaga di Kontes Robot Terbang Indonesia

Kamis, 18 November 2021 - 05:18 WIB
loading...
163 Tim dari 61 Kampus Siap Berlaga di Kontes Robot Terbang Indonesia
Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021. Foto/Dok Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Sebanyak 163 tim dari 61 perguruan tinggi di Indonesia saat ini sedang berkompetisi di ajang Kontes Robot Terbang Indonesia ( KRTI ) tingkat nasional secara daring.

Mereka akan berjuang untuk merebut piala emas dari empat divisi pertandingan yaitu Fixed Wing, Vertical Take-off and Landing, Racing Plane, dan Technology Development.



KRTI yang berlangsung hingga 20 November 2021 dipusatkan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, sebagai tuan rumah dan dibuka secara resmi pada Senin, (15/11) lalu.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Asep Sukmayadi mengatakan penyelenggaraan KRTI merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM).

“KRTI mendorong mahasiswa tidak hanya akademik tapi juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing, dan berkarakter,” katanya melalui siaran pers, Rabu (17/11/2021).



Kontes ini, lanjut Asep, akan melatih mahasiswa tentang wahana terbang nirawak. Nantinya, penilaian dari kontes ini meliputi pengukuran konfigurasi, pengendalian dan pendataan, parameter terbang, mampu pemantauan, pemetaan dan pengiriman paket barang pada suatu lokasi atau gedung vertikal.

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengungkapkan, dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat dan cepat, generasi muda harus terus berinovasi.

“Generasi muda dipacu untuk terus berinovasi melalui karya-karya mereka di bidang sains dan teknologi, seperti halnya kontes robot terbang Indonesia yang dapat menjadi wadah generasi muda untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang aerodinamika,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)