Tim UGM Raih Perak di Kompetisi Biologi Sintetik Internasional

Kamis, 18 November 2021 - 14:02 WIB
loading...
Tim UGM Raih Perak di Kompetisi Biologi Sintetik Internasional
Tim iGEM Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih medali perak. Foto/Dok/UGM
A A A
JAKARTA - Tim iGEM Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih medali perak dari The International Genetically Engineered Machine (iGEM) Competition 2021 yang berlangsung pada 4-14 November 2021 secara daring di Paris.

iGEM Competition merupakan kompetisi biologi sintetik internasional yang diselenggarakan oleh iGEM Foundation yang berbasis di Boston, Amerika Serikat.

Baca juga: 4 Universitas Terbaik Indonesia versi US News Best Global Universities 2022

Kompetisi ini diperuntukkan bagi pelajar, mahasiswa, hingga perusahaan yang berasal dari berbagai negara. Pada kompetisi kali ini diikuti oleh 352 tim yang berasal dari lebih dari 40 negara.

Lebih dari 6.000 orang dari berbagai negara di dunia berkumpul pada puncak dari kompetisi yaitu acara iGEM Giant Jamboree yang pada kali ini dilaksanakan di Paris, Prancis dan diikuti oleh seluruh tim secara daring. Pada acara iGEM Giant Jamboree, dilakukan pameran proyek dari tiap tim yang berpartisipasi, salah satunya dari tim iGEM UGM Indonesia.

Tim UGM terpilih menjadi peraih medali perak dalam track environment dengan mengusung judul proyek penelitian “Auviola: a cyanide-regulating system for gold bioleaching and waste treatment towards sustainable non-mercury gold processing”.



Baca juga: 14 PTS Terbaik di Indonesia versi QS AUR 2022

Tim UGM terdiri atas 12 mahasiswa dari berbagai latar bidang ilmu, yaitu Yustika Sari (Fakultas Biologi) sebagai student team leader, Farhan Wali (Fakultas Biologi), Setianing Wikanthi (Fakultas Pertanian), Ridwan Fathoni (Fakultas Pertanian), Wilda Asyrina Maris (Fakultas Pertanian) dan Azzahra Asysyifa (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan).

Selanjutnya ada I Gusti Agung Arvin Nanda Pratama (Fakultas Teknik), Ahmad Zidan (Fakultas Teknik), Yafi Surya Permana (Fakultas Farmasi), Dennaya Kumara (Fakultas Farmasi), Shina Aulia Hassanah (Fakultas Ekonomika dan Bisnis), dan Waffiq Maaroja (Fakultas MIPA).
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1886 seconds (11.97#12.26)