Kuasai 3 Hal Ini untuk Jadi Expert di Satu Bidang

Jum'at, 26 November 2021 - 11:21 WIB
Kuasai 3 Hal Ini untuk Jadi Expert di Satu Bidang
Wanita karier. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seiring berkembangnya teknologi dan perubahan zaman, kemampuan dan pengetahuan manusia juga harus terus ditingkatkan. Bukan hanya penting untuk mencari pekerjaan atau menentukan jurusan kuliah, namun kemampuan ini juga memiliki peranan besar pada keseharian kita.

Saat ini, sistem pendidikan kita cenderung lebih menekankan kepada ilmu pengetahuan (knowledge) dari pada keterampilan (skill), sehingga kita terbiasa menghafal daripada mengerti konsep.

Baca juga: Gaji Lulusan Teknik Informatika Sangat Menjanjikan Capai Rp30 Juta per Bulan

Padahal, keterampilan fundamental (logika, matematika dasar, membaca, dan penalaran ilmiah) sangat penting untuk dikuasai setiap orang sebelum menguasai skill lainnya.



Sejak berdiri pada 2007, platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, lebih menekankan pada pemahaman konsep dari pada hafalan. Menurut Zenius dalam siaran persnya, Jumat (26/11/2021), ada 3 hal yang wajib dikuasai. Apa sajakah ketiga hal tersebut? Yuk, simak penjelasannya.

1. Fundamental Skills
Fundamental skills alias kemampuan dasar adalah kemampuan yang sifatnya teknikal. Kemampuan ini sangat menentukan bagaimana cara seseorang berpikir dan mengelola informasi. Ada tiga hal penting yang termasuk dalam kategori ini, yaitu:

a. Berpikir kritis (critical thinking): merupakan kemampuan untuk mencerna informasi dengan benar. Walau semua orang merasa bahwa mereka bisa berpikir, tapi tidak semua orang bisa berpikir secara logis. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan agar kita tidak hanya semata-mata berpikir menurut hal yang kita anggap benar, melainkan harus sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

b. Matematika dasar (basic math): lebih dari sekadar kemampuan berhitung, tetapi juga tentang kemampuan berpikir yang terintegrasi dengan konsisten alias connecting the dots. Setiap harinya, kita menerima banyak informasi dan pengetahuan baru. Dengan kemampuan matematika ini, kita bisa menyambungkan setiap informasi yang kita terima dengan baik. Faktanya, orang dengan kemampuan ini memiliki performa yang lebih baik dalam pekerjaannya.

c. Logika verbal (verbal logic): dengan menguasai bahasa selain Bahasa Ibu, terutama Bahasa Inggris, dapat membuat struktur otak kita mampu berpikir lebih kompleks. Bahkan, hal ini terbukti dengan adanya riset yang mengatakan bahwa orang dengan kemampuan bilingual cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1920 seconds (11.97#12.26)