3 Mahasiswa Unair Rancang Perangkat IoT untuk Distribusi Vaksin Aman

Jum'at, 26 November 2021 - 18:33 WIB
loading...
3 Mahasiswa Unair Rancang Perangkat IoT untuk Distribusi Vaksin Aman
Tim mahasiswa prodi OSI FV Unair raih juara 3 pada Olimpiade Vokasi Indonesia (Olivia) 2021 kategori lomba industri bidang piranti cerdas. Foto/Dok/Humas Unair
A A A
JAKARTA - Tim mahasiswa prodi Otomasi Sistem Instrumentasi (OSI) Fakultas Vokasi (FV) Unair raih juara 3 pada Olimpiade Vokasi Indonesia (Olivia) 2021 kategori lomba industri bidang piranti cerdas. Tim mencetuskan ide mengenai safety monitoring dan tracking untuk transportasi distribusi vaksin.

Ketua Tim Astrai Next Gen Halid Misfal memaparkan, vaksin Covid-19 menjadi sebuah kebutuhan yang krusial untuk mengatasi pandemi. Ia ingin memastikan proses distribusinya aman melalui perangkat IoT yang dibuatnya bersama tim.

Baca juga: Bersaing dengan 352 Tim Dunia, UI Raih Gold Medal Prizes di iGEM Competition 2021

“Jadi kita menciptakan sebuah perangkat IoT untuk monitoring suhu dan kelembapan saat pendistribusian vaksin,” terangnya melansir laman resmi Unair di unair.ac.id, Jumat (26/11/2021).

Dalam hal ini, tim menawarkan sensor temperatur suhu pada cold chain Thermo King sehingga bisa terbaca kualitas vaksin selama perjalanan.

Pasalnya, sambung Halid, sifat vaksin Covid-19 sendiri sangat sensitif terhadap suhu udara. Sebagai contoh vaksin Covid-19 dari Pfizer yang harus disimpan dalam suhu -25 sampai -15◦C.



Baca juga: Ini Profil Mahasiswi Termuda S3 ITB, Ingin Jadi Dosen dan Mendirikan Sekolah

Sementara untuk memantau keberadaan vaksin agar tujuannya terarah hingga ke tempat pelaksanaan vaksinasi, Halid dan tim juga menawarkan fitur lain.

“Kami juga menambahkan fitur Tracking GPS untuk pelacakan cold chain (rantai dingin) secara realtime, dan semua bisa dipantau melalui aplikasi android yang telah kami development,” imbuhnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1531 seconds (10.177#12.26)