Universitas Indonesia Setuju Menwa Diberi Bobot SKS

Minggu, 28 November 2021 - 10:17 WIB
loading...
Universitas Indonesia Setuju Menwa Diberi Bobot SKS
Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus ILUNI Menwa UI Periode 2021-2023, Sabtu, 27 November 2021 di Balai Sidang UI. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kegiatan Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia -Menwa UI akan segera menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa - UKM yang memperoleh nilai SKS - Sistem Kredit Semester. Penegasan ini disampaikan Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Kerja Sama UI Prof Dedi Priadi.

Menurut Dedi, selama ini kesan Menwa adalah kegiatan kemiliteran sehingga kurang menarik minat mahasiswa baru. Kenyataannya kegiatan Menwa banyak manfaatnya, terutama untuk membangun rasa percaya diri, kebersamaan dan bela negara.

"Kegiatan Menwa harus dikemas sedemikian rupa agar mahasiswa mau menjadi anggota Menwa. Saya usulkan Menwa dapat nilai SKS, seperti kegiatan Kuliah Kerja Byata - KKN," ujar Prof Dedi saat Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus ILUNI Menwa UI Periode 2021-2023 di Balai Sidang UI,Sabtu, 27 November 2021.

Untuk menentukan bobot SKS bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan Menwa, perlu kerja sama ILUNI Menwa UI - Menwa yang aktif serta Direktorat Kemahasiswaan dan Direktorat Pendidikan Universitas Indonesia.

Baca juga: Universitas Indonesia Sukses Boyong 3 Gelar Juara di KBMK 2021

Terkait kapan pelaksanaannya, Prof Dedi berharap sesegera mungkin, karena cocok dengan program MBKM - Merdeka Belajar Kampus Merdeka, program yang mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.



Alumni UI Paling Aktif
Ketua ILUNI UI Andre Rahadian menilai lulusan UI yang menjadi anggota Menwa adalah anggota dan pengurus ILUNI yang aktif, Menwa UI bisa jadi penggerak utama kegiatan Alumni UI dengan dukungan kegiatan beragam dan anggotanya lengkap karena lintas angkatan dan berasal dari berbagai fakultas.

Sementara, Ketua Alumni Menwa UI Periode 2021-2023 Kombes Pol Kasmen mengungkapkan, dirinya sangat merasakan manfaat menjadi anggota Menwa saat mahasiswa. Kegiatan Menwa mendukung pencapaian cita-cita dan kariernya di jajaran Polri.
(zik)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1614 seconds (10.55#12.26)