Mengenal Jurusan PGSD, Program Studi untuk Menjadi Guru Profesional

Senin, 29 November 2021 - 12:50 WIB
loading...
Mengenal Jurusan PGSD, Program Studi untuk Menjadi Guru Profesional
Seorang guru mengajar sekolah dasar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi kalian yang ingin turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan bisa mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) ketika melanjutkan ke perguruan tinggi nanti. Lulusannya memang diharapkan menjadi guru SD professional. Namun tidak menutup kemungkinan menjalani profesi lainnya.

Seperti namanya, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi guru SD . Nantinya mahasiswa jurusan ini akan mempelajari semua materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa SD, seperti Tematik, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sebagainya.



Selain materi belajar, ada pengetahuan lain yang akan didalami. Seperti, cara memahami karakter dan pengembangan kepribadian siswa, seperti disiplin, sopan santun, berjiwa sosial, dan sebagainya.

Pengetahuan karakter ini penting sebab guru SD bertanggung jawab untuk membangun kepribadian siswa sejak dini. Sebagai strata pendidikan awal, jenjang SD menjadi pondasi ilmu yang berguna untuk siswa menghadapi jenjang pendidikan berikutnya.

Melansir dari laman ruangguru.com, Senin (29/11/2021), jurusan PGSD adalah salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya. Bahkan, secara statistik, di universitas-universitas yang memiliki jurusan PGSD, jumlah mahasiswanya hampir mencapai 50% dari jumlah keseluruhan mahasiswa di universitas tersebut.



Mata Kuliah yang akan Dipelajari
Pada awal semester perkuliahan, materi kuliah yang akan diajarkan ialah materi-materi pelajaran SD. Kemudian pada semester-semester selanjutnya, akan belajar lebih dalam mengenai pengembangan kurikulum SD, metode belajar SD, profesi keguruan, dan mata kuliah lainnya yang menunjang pembelajaran di SD.

Beberapa mata kuliah yang akan ditemui:
1. Psikologi Pendidikan
2. Psikologi Umum dan Perkembangan
3. Pengembangan Seni untuk Anak
4. Teori Belajar
5. Filsafat Pendidikan
6. Dasar Manajemen Pendidikan
7. Bimbingan di SD
8. Bahasa Indonesia
9. Konsep Dasar IPS
10. Konsep Dasar PPK
11. Konsep Dasar IPA
12. Ilmu Alam Dasar
13. Apresiasi Sastra
14. Pendidikan Seni Rupa

Di jurusan PGSD, tidak akan hanya belajar ilmu-ilmu teori, namun juga akan mendapatkan ilmu keterampilan yang sangat banyak. Bayangkan saja, kamu akan diajarkan gimana bermain piano, melukis, membuat kerajinan, menari, sampai kegiatan-kegiatan seperti Palang Merah Remaja dan Pramuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)