UNS akan Tingkatkan Jumlah Mahasiswa Penerima IISMA

Senin, 29 November 2021 - 19:06 WIB
loading...
UNS akan Tingkatkan Jumlah Mahasiswa Penerima IISMA
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Program Indonesia International Student Mobility Award ( IISMA ) yang diluncurkan Kemendikbudristek memberi kesempatan mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran selama satu semester di universitas top luar negeri. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pun ingin tahun depan lebih banyak mahasiswanya yang menjadi peserta IISMA.

UNS pada tahun ini berhasil memberangkatkan 22 mahasiswa melalui program IISMA di mana keberhasilan ini merupakan salah satu wujud komitmen untuk meraih predikat World Class University (WCU).

Baca juga: Riset UGM: Kolesterol akan Turun dengan Konsumsi Daun Herbal Ini

Pada kegiatan Info Session IISMA 2022, Direktur Direktorat Kerja Sama, Pengembangan, dan Internasionalisasi UNS, Irwan Trinugroho menyatakan bangga dengan para awardee IISMA. Dia pun ingin di tahun depan akan lebih banyak mahasiswa UNS yang memperoleh kesempatan untuk mengikuti program IISMA.

“Saya ingin di tahun depan lebih banyak lagi mahasiswa UNS yang diberangkatkan dan memperoleh kesempatan untuk melakukan mobilitas secara internasional di perguruan tinggi top 100 dunia, baik melalui program IISMA maupun program-program yang lain,” katanya melansir laman resmi UNS di uns.ac.id, Senin (29/11/2021).

Program yang baru pertama kali diadakan ini, diselenggarakan dengan pembiayaan penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), sejak proses keberangkatan, biaya kuliah dan biaya hidup selama pembelajaran di universitas tujuan, sampai dengan proses kepulangan.



Baca juga: Jurusan Animasi, Prodi yang Punya Potensi Besar di Industri Kreatif

Irwan melanjutkan bahwa UNS akan menyelenggarakan seleksi internal serta pembekalan bagi mahasiswa yang turut serta dalam program ini. “UNS melalui UPT KLI akan menyelenggarakan seleksi internal, serta pembekalan bagi para mahasiswa yang akan mengikuti program ini,” kata Irwan.

Ketua Subpokja Mobilitas Internasional Dirjen Dikti Kemendikbudristek. Junaidi, M.A dalam paparannya menyampaikan beberapa persyaratan utama untuk mengikuti program IISMA 2022. Yakni, Warga Negara Indonesia, mahasiswa S-1 semester 4-6 yang aktif dan terdaftar di PD Dikti, memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan oleh universitas tujuan dan IPK minimal 3.00.
(mpw)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1174 seconds (10.55#12.26)