Mahasiswa, Ini 5 Profesi Menarik di Dunia Pertelevisian

Selasa, 30 November 2021 - 17:33 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini 5 Profesi Menarik di Dunia Pertelevisian
Profesi menarik di dunia pertelevisian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dunia pertelevisian berkembang dengan sangat cepat. Dari yang awalnya analog kini televisi berkembang dengan teknologi digital. Sajian tayangannya yang menarik dan beragam pun membuat orang enggan beranjak dari televisi.

Tidak ayal, profesi di dunia pertelevisian pun menjadi pekerjaan menjanjikan dan dipandang cukup bergengsi oleh para generasi muda yang berjiwa kreatif.



Melansir laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, Selasa (30/11/2021), meskipun industri pertelevisian perlahan tergeser oleh industri digital, minat terhadap karier di dunia broadcasting tidak surut.

Kebanyakan mereka yang meniti karir pertelevisian adalah lulusan ilmu komunikasi, DKV, dan multimedia. Namun, tidak menutup kemungkinan latar belakang pendidikan lain pun bisa berkarier di industri pertelevisian.

Tidak hanya presenter saja, ada banyak profesi lain yang terlibat dalam produksi suatu acara televisi. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk berkarier di bidang ini, berikut deretan profesi di dunia pertelevisian selain presenter.

1. Produser
Profesi sebagai produser bisa dibilang sebagai kunci utama berlangsungnya suatu acara televisi. Pasalnya, produser bertanggung jawab pada keseluruhan produksi suatu program televisi, mulai dari menyusun rencana, mengawasi, memastikan pelaksanaan program berjalan dengan baik, hingga melakukan evaluasi.

Dalam kesehariannya, produser program televisi memastikan kelengkapan siaran, melakukan briefing untuk seluruh kru, memantau keseluruhan acara, dan tak lupa, melakukan evaluasi program televisi yang sudah terlaksana.

Dengan tanggung jawab yang cukup besar ini, seorang produser perlu memiliki leadership yang baik agar dapat menggerakkan tim produksinya.

2. Jurnalis
Seorang jurnalis bertugas menulis dan melaporkan berita. Di industri pertelevisian, jurnalis atau wartawan juga kerap tampil di televisi guna melaporkan berita secara langsung ataupun melakukan wawancara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)