Tips Menjawab Pertanyaan Menjebak saat Proses Wawancara Kerja

Kamis, 02 Desember 2021 - 22:53 WIB
loading...
Tips Menjawab Pertanyaan Menjebak saat Proses Wawancara Kerja
wawancara kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Persaingan dalam mencari pekerjaan semakin hari semakin ketat saja. Hal ini membuat para pencari kerja harus mempersiapkan diri sungguh-sungguh mengikuti rangkaian melamar kerja untuk merebut suatu posisi. Salah satu tahap yang perlu persiapan penting adalah proses wawancara di depan HRD.

Di mana dalam tahap ini HRD biasanya akan memberi pertanyaan-pertanyaan yang mendalam kepada pelamar. Pertanyaan-pertanyaan seperti sifat, latar belakang maupun pengalaman pastinya akan dicecar kepada pelamar.



Namun, di antara pertanyaan-pertanyaan itu, ada sejumlah pertanyaan menjebak yang perlu dipelajari arti di balik pertanyaan itu supaya si pelamar kerja bisa menjawabnya dengan lebih tepat.

Dikutip dari situs pencari kerja Glints di glints.com, berikut ini 9 pertanyaan menjebak saat wawancara dan tips menjawabnya.

1. Bisakah kamu ceritakan tentang dirimu?
Pertanyaan ini biasanya muncul mungkin pertama kali saat kamu duduk. Banyak orang yang menjawabnya dengan bercerita di mana mereka sekolah sampai tempat tinggal. Ada pula yang menjabarkan kegiatan mereka saat ini.

Namun sebaiknya jawaban seperti itu tidak terlontar dari pelamar. Sebaiknya hindari jawaban yang terlalu fokus pada kehidupan pribadi. Seperti dituliskan Indeed, perusahaan hanya ingin mendengar highlight dan pencapaian kariermu. Kalau ingin bercerita tentang pendidikan, sampaikan dengan singkat dan pilih yang relevan saja.



2. Deskripsikan dirimu dalam 1 kata
Di dunia ini, ada banyak sekali kata. Bagaimana kalau kamu diminta memilih satu kata saja untuk menggambarkan diri? Tentu tak mudah. Itulah mengapa, pertanyaan menjebak ini cukup sulit dijawab saat interview. Tapi jangan panic ketika pertanyaan ini terlontar.

Sesuaikan saja pilihan katamu dengan posisi yang kamu lamar. Hal ini disampaikan oleh Lynn Taylor, seorang workplace expert, kepada Business Insider.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)