Ini Jenis Sertifikat yang Bisa Dilampirkan untuk SNMPTN

Jum'at, 03 Desember 2021 - 13:05 WIB
loading...
Ini Jenis Sertifikat yang Bisa Dilampirkan untuk SNMPTN
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) telah mengumumkan jadwal dan persyaratan untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN ini menyeleksi mahasiswa melalui prestasi akademik dan atau portofolio. Sehingga tidak hanya raport namun juga sertifikat prestasi bisa dilampirkan untuk penilaian seleksi.

Namun sertifikat apa saja yang bisa dilampirkan sebagai dokumen tambahan sewaktu mendaftar SNMPTN ? Perlu calon pelamar SNMPTN tahu bahwa lampiran piagam dan sertifikat yang menunjukkan prestasi atau juara ini berpengaruh terhadap proses penilaian.

Baca juga: Ini Persyaratan dan Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2022

Tentunya dengan menerima calon mahasiswa unggul dan berprestasi, perguruan tinggi negeri (PTN) pasti akan mempertimbangkan dengan lebih tinggi si pelamar karena bisa menjadi aset berharga bagi kampus tersebut.

Persaingan di SNMPTN pun dikenal ketat. Misalnya pada 2021 saja jumlah peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN ada 110.459 pendaftar dari ratusan ribu yang mendaftar. Maka lampiran tambahan berupa sertifikat pun diharapkan bisa menunjang kelulusan di jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa tes ini.

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, umumnya, piagam atau sertifikat setara tingkat nasional dan internasional memiliki bobot nilai yang lebih baik. Sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan juga tidak lebih dari tiga tahun sejak kamu mendapatkannya.



Baca juga: Catat Tanggalnya, LTMPT Umumkan Jadwal SNMPTN 2022

Sertifikat atau piagam penghargaan yang akan dilampirkan sebaiknya disesuaikan dengan jurusan impian di PTN yang dituju. Sebagai contoh, jika ingin mendaftar ke jurusan Teknik Kimia, maka sertifikat OSN (Olimpiade Sains Nasional) bidang lomba Kimia yang dilampirkan.

Begitupun dengan calon mahasiswa yang berbakat dibidang Seni dan ingin melatih bakatnya di perguruan tinggi di jurusan Seni seperti ke Desain Komunikasi Visual, silakan melampirkan sertifikat lomba FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional).
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1740 seconds (10.101#12.26)