SNMPTN 2022 akan Digelar, Simak 5 Tips Memilih Jurusan yang Tepat

Jum'at, 03 Desember 2021 - 17:37 WIB
loading...
SNMPTN 2022 akan Digelar, Simak 5 Tips Memilih Jurusan yang Tepat
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2022 akan dimulai pada Januari mendatang. Tentunya sebelum pendaftaran dibuka calon peserta harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Tidak hanya dokumen namun juga strategi lain seperti pemilihan jurusan.

LTMPT menyebutkan, pendaftaran SNMPTN sendiri akan mulai dilakukan pada 14 Februari. Namun sebelum siswa melakukan pendaftaran, terdapat tahapan krusial yakni pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada 1 Desember 2021 hingga 8 Februari 2022 dan pembuatan akun LTMPT pada 4 Januari-15 Februari 2022.



Keduanya menjadi hal penting karena SNMPTN itu tidak menyeleksi mahasiswa dari tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seperti di SBMPTN. Melainkan dari penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. PDSS inilah yang menjadi basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar tersebut.

Kemudian, ketentuan pilihan program studi yang bisa dipilih di SNMPTN juga mesti disimak baik-baik oleh peserta. LTMPT menyebutkan, pada SNMPTN 2022 setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

Lalu, jika memilih 2 program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Sedangkan jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. LTMPT juga menyarankan untuk tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).



Persaingan SNMPTN terbilang ketat. Pada SNMPTN 2021 saja, dari jumlah pendaftar total 854.599 yang diterima sebanyak 110.459 saja. Lalu bagaimana trik memilih jurusan yang tepat agar bisa sukses di SNMPTN nanti?? Melansir laman edutech Zenius di zenius.net, berikut adalah tips memilih jurusan SNMPTN yang tepat.

1. Pahami Minat dan Bakat
Mulailah mengenali diri lebih baik. Mengikuti tes minat dan bakat juga perlu dicoba untuk lebih mengenal lebih dalam diri sendiri. Akan tetapi nanti setelah hasil tes diketahui, pastikan lagi hasil dari tes minat dan bakat itu memang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan dan didambakan sejak lama. Proyeksi diri lima tahun kedepan juga baik dilakukan untuk menentukan profesi apa yang diinginkan dengan jurusan tersebut.

2. Riset Jurusan yang Dipilih
Informasi adalah kunci untuk meyakinkan diri sendiri dalam menentukan jurusan dan kampus impian. Informasi pun kini semakin mudah diakses melalui artikel, sosial media, informasi di website kampus, bertanya dengan kakak kelas yang sudah kuliah di kampus idaman, atau bisa juga ikut sosialisasi dari PTN yang biasanya diselenggarakan di sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3529 seconds (0.1#10.140)