Begini Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja bagi Mahasiswa

Jum'at, 03 Desember 2021 - 21:56 WIB
loading...
Begini Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja bagi Mahasiswa
Mahasiswa sambil kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menekuni dunia kerja bisa dilakukan mahasiswa ketika tengah duduk di bangku perkuliahan. Namun agar kuliah sambil kerja ini bisa berjalan lancar dan efisien perlu ada strategi yang dilakukan. Terlebih jika tidak ingin kuliah berhenti di tengah jalan.

Banyak mahasiswa yang mencari kerja sampingan untuk membantu orang tua dalam membayar biaya perkuliahan atau pun juga untuk menunjang biaya hidup sehari-hari.



Kuliah sambil kerja juga keren dilakukan mahasiswa karena bisa meningkatkan softskill, pengalaman dan juga jejaring ketika nanti sudah masuk ke dunia kerja setelah lulus.

Namun apa saja hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan kuliah sambil kerja? Mengutip instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek, simak 5 tips berikut ini agar kuliah sambil kerja berjalan lancar.

1. Pilih Pekerjaan yang Fleksibel
Pemilihan kerja di tempat yang fleksibel dapat membantu anda lebih rileks dan teratur dalam jadwal kuliah supaya tidak terganggu. Sebisa mungkin carilah pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan jam kuliah.

2. Diskusikan dengan Perusahaan Tempat Kalian Bekerja
Setelah bekerja di tempat yang fleksibel, hal yang perlu dilakukan adalah berdiskusi dengan atasan kalian. Bisa dimulai sewaktu anda melakukan interview, beri tahu bahwa benar kalian ingin bekerja sambil kuliah sehingga kantor akan mengerti dengan keadaan kalian. Dengan cara ini, pekerjaan kantor dapat tetap dilaksanakan tanpa harus menghambat tugas dan jadwal kuliah

3. Jangan Tunda Tugas Kuliah
Tips satu ini jangan sampai dilupakan. Sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab, kamu harus tetap memperhitungkan waktu dan juga energi untuk mengerjakan tugas kuliah. Cara terbaik adalah dengan mengisi waktu senggang dengan mengerjakan tugas tersebut. Kalian juga bisa mengerjakan dari jauh hari sebelum deadline supaya tepat waktu untuk dikumpulkan

4. Pastikan Jadwal Kuliah
Pastikan untuk memilih jadwal kuliah dengan benar. Sesuaikan dengan banyaknya mata kuliah dan pekerjaan di kantor supaya bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kalau bisa pilih jadwal kuliah dalam beberapa hari saja, sisanya bisa digunakan untuk pergi ke kantor.

5. Buat Perencanaan untuk Setiap Hari
Saat kalian susah memutuskan untuk kuliah sambil kerja, berusahalah untuk lebih teratur dengan membuat perencanaan akan kegiatan setiap harinya. Memang terkesan sepele, tapi sebetulnya dengan rajin membuat rencana setiap harinya dapat menjadikan semua pekerjaan kuliah dan kantor pun berjalan dengan lancar.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)