Mahasiswa, Ini Tips untuk Mengasah Berpikir Kritis

Minggu, 05 Desember 2021 - 22:05 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Tips untuk Mengasah Berpikir Kritis
Mahasiswa berfikir kritis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dunia telah berubah. Jiwa kompetitif harus tersemat di setiap manusia termasuk mahasiswa karena di era yang serba cepat seperti saat ini tingkat persaingan semakin tinggi. Oleh karena itu bekal kemampuan berpikir kritis pun diperlukan agar mampu memenangkan persaingan.

Mengutip instagram resmi Ditjen Diktiristek di @ditjen.dikti, Jumat (3/12/2021), salah satu dari kompetensi yang esensial adalah kemampuan memecahkan masalah secara kompleks. Pemecahan masalah membutuhkan kemampuan berpikir secara kritis agar dapat menghasilkan solusi terbaik.



Menurut World Economics Forum, Future of Jobs Report 2020, berpikir kritis dan pemecahan masalah secara kompleks menempati urutan teratas dalam daftar keterampilan yang akan semakin berkembang dalam 5 tahun ke depan. Individu yang dapat berpikir secara kritis diyakini memiliki daya saing yang tinggi.

Lalu, apa definisi berpikir secara kritis itu? berpikir kritis merupakan kegiatan mengevaluasi, mengidentifikasi informasi faktual dan membangun interpretasi yang rasional untuk pembentukan solusi yang efektif.



Namun demikian, tidak semua orang mampu mengasah keterampilan berpikir kritisnya dengan baik. Maka dari, simak 3 tips untuk mengasah keterampilan berpikir kritis berikut ini.

1. Menilik hal lebih jauh
Kunci utamanya adalah tidak mudah puas dengan satu fakta yang ada dan dapat menghindari dari bias.

2. Jadilah seorang pendengar yang aktif
Menyimak tidak hanya sekedar mendengar apa yang tengah didiskusikan. Sehingga kita dapat memahami perspektif orang lain dan dapat membangun komunikasi yang interaktif.

3. Bekerja secara sistematis
Mempertimbangkan segala aspek yang diperlukan dari perspektif yang lebih luas membantu dalam menemukan solusi terbaik dan menghindari sesat pikir.

Demikian 3 kiat mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang menjadi salah satu softskill yang perlu juga diasah oleh mahasiswa sejak dini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)