Keren, Mahasiswa UNY Buat Aplikasi Pendeteksi Usia Melalui Foto Wajah

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:16 WIB
loading...
Keren, Mahasiswa UNY Buat Aplikasi Pendeteksi Usia Melalui Foto Wajah
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Foto/DOk/Humas UNY
A A A
JAKARTA - Swafoto di media social menimbulkan rasa penasaran bagi sebagian orang untuk mengetahui usia para pengunggah. Hal inipun ditangkap sebagai peluang oleh mahasiswa program studi statistika Fakultas MIPA UNY yang membuat aplikasi pendeteksi usia melalui foto wajah.

Tim mahasiswa UNY tersebut terdiri dari Anthony Fioren H, Mohammad Damarjati P dan Syukron Abdul A. Menurut Anthony Fioren, mereka menggunakan data latih berupa data gambar wajah manusia dengan informasi usia dari wajah tersebut untuk melatih komputer agar dapat mengenali usia dan jenis kelamin dari wajah manusia.

Baca juga: Ini 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan

“Penentuan jenis kelamin serta usia dari citra dilakukan dengan menggunakan algoritma dan metode-metode pengolahan citra digital” katanya melansir laman resmi UNY di uny.ac.id.

Cara kerjanya adalah mengekstrak bagian wajah manusia dalam gambar tersebut lalu diolah sedemikian sehingga output yang dikeluarkan adalah usia serta jenis kelaminnya.

Mohammad Damarjati menambahkan, langkah awal dalam pemrosesan data menggunakan ekstraksi wajah, split data dan augmentasi gambar. “Permodelannya menggunakan snapshot ensemble karena dapat menyimpan beberapa model sekaligus dalam satu kali proses training,” katanya.



Baca juga: IPB University Rebut Juara Umum Abdidaya 2021

Syukron Abdul menjelaskan untuk mengekstraksi wajah digunakan Algoritma Multi-Task Cascaded Convolutional Neural Network (MTCNN) karena mampu mengenali wajah dari berbagai angle.

Data yang didapatkan dibagi menjadi 2 yaitu data train yang nantinya akan menjadi data yang akan dibaca/dipelajari oleh mesin serta data validation yang nanti akan menjadi alat uji/pengecekan dalam project yang dilakukan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1456 seconds (10.101#12.26)