Intip Jurusan Arkeologi dan Sederet Peluang Kerjanya, Nomor 2 Paling Keren

Rabu, 15 Desember 2021 - 20:59 WIB
loading...
Intip Jurusan Arkeologi dan Sederet Peluang Kerjanya, Nomor 2 Paling Keren
Para arkeolog berperan dalam menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah di masa lampau. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lara Croft dalam serial game dan film Lara Croft meski hanya sekadar cerita fiksi namun menghadirkan cerita bahwa menjadi seorang arkeolog itu menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Berikut ini ulasan mengenai ilmu arkeologi yang mengkaji kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau.

Seperti dalam film, para arkeolog itu memang berperan dalam menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah di masa lampau. Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Rabu (15/12/2021), ketika menjadi mahasiswa arkeologi maka ilmu yang akan dipelajari adalah gabungan antara ilmu sejarah dan ilmu geologi.



Ini artinya, mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu, seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Selain itu juga akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala, hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada.

Nah untuk mempelajari semua ini, pastinya akan menjalani banyak traveling untuk mencari tahu budaya dari masa lampau. Ini akan menjadi suatu pengalaman yang seru.



Di jurusan ini mahasiswa juga akan belajar menganalisis artefak. Bagaimana cara meneliti fakta sejarah di balik artefak, menaksir umur artefak, melakukan ekskavasi artefak purbakala, hingga mempelajari pengorganisasian museum.

Selain itu juga akan belajar gerak perpindahan dari manusia purba untuk memperkirakan perubahan evolusinya.

Dilansir dari ugm.ac.id, beragam mata kuliah yang akan ditemui mahasiswa arkeologi adalah seperti Pengantar Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Akeologi Arsitektur, Ikonografi, Peradaban Kuno, Paleoantropologi, Epigrafi Indonesia, Keramologi, Kuratorial Museum, Rancang Pameran, Metode Ekskavasi dan masih banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)