Intip Jurusan Arkeologi dan Sederet Peluang Kerjanya, Nomor 2 Paling Keren

Rabu, 15 Desember 2021 - 20:59 WIB
loading...
Intip Jurusan Arkeologi dan Sederet Peluang Kerjanya, Nomor 2 Paling Keren
Para arkeolog berperan dalam menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah di masa lampau. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lara Croft dalam serial game dan film Lara Croft meski hanya sekadar cerita fiksi namun menghadirkan cerita bahwa menjadi seorang arkeolog itu menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Berikut ini ulasan mengenai ilmu arkeologi yang mengkaji kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau.

Seperti dalam film, para arkeolog itu memang berperan dalam menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah di masa lampau. Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Rabu (15/12/2021), ketika menjadi mahasiswa arkeologi maka ilmu yang akan dipelajari adalah gabungan antara ilmu sejarah dan ilmu geologi.



Ini artinya, mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu, seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Selain itu juga akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala, hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada.

Nah untuk mempelajari semua ini, pastinya akan menjalani banyak traveling untuk mencari tahu budaya dari masa lampau. Ini akan menjadi suatu pengalaman yang seru.



Di jurusan ini mahasiswa juga akan belajar menganalisis artefak. Bagaimana cara meneliti fakta sejarah di balik artefak, menaksir umur artefak, melakukan ekskavasi artefak purbakala, hingga mempelajari pengorganisasian museum.

Selain itu juga akan belajar gerak perpindahan dari manusia purba untuk memperkirakan perubahan evolusinya.

Dilansir dari ugm.ac.id, beragam mata kuliah yang akan ditemui mahasiswa arkeologi adalah seperti Pengantar Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Akeologi Arsitektur, Ikonografi, Peradaban Kuno, Paleoantropologi, Epigrafi Indonesia, Keramologi, Kuratorial Museum, Rancang Pameran, Metode Ekskavasi dan masih banyak lagi.

Sekarang simak apa saja prospek kerja lulusan jurusan arkeologi.

1. Arkeolog
Banyak yang masih menganggap lulusan Arkeologi sulit mendapatkan pekerjaan. Ini anggapan salah sebab ada banyak peluang kerja yang bisa dicoba setelah lulus.

Pertama, lulusannya bisa menjadi arkeolog atau ahli di bidang arkeologi. Profesi ini akan memberi pengalaman menarik untuk meneliti barang peninggalan sejarah, seperti artefak, fosil, bangunan, hingga teks dan dokumen kuno.

2. Reporter atau Jurnalis
Lulusan arkeologi juga bisa bekerja sebagai reporter atau jurnalis yang menulis tentang barang peninggalan sejarah di media terkenal, seperti National Geographic. Dengan menjadi jurnalis, kamu pun berkesempatan untuk keliling dunia untuk menemukan dan mempelajari fosil-fosil.

3. Pengelola Museum
Selain itu, lulusan arkeologi juga bisa bekerja sebagai manajer atau pengelola museum yang bertugas merawat benda-benda bersejarah serta mengelola museum agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

4. Pemandu Wisata Sejarah
Ini adalah profesi yang cocok bagi yang suka traveling sebab bisa bekerja di industri pariwisata sebagai pemandu wisata khusus tempat bersejarah, seperti candi, museum, dan bangunan peninggalan sejarah lainnya. Kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah di seluruh dunia pun bisa dirasakan.

Arkeolog merupakan salah satu tenaga ahli yang dibutuhkan untuk mengkaji berbagai benda-benda peninggalan masa lampau. Untuk menjadi seorang lulusan dari jurusan Arkeologi yang handal, hanya ada 6 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menawarkan program studi ini. Apa saja?

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Universitas Hasanuddin (Unhas)
4. Universitas Jambi (Unja)
5. Universitas Halu Oleo (UHO)
6. Universitas Udayana

Jadi, bagi yang suka sejarah dan budaya jurusan ini cocok untuk mengembangkan ketertarikan itu lebih lanjut. Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan kuliah di jurusan ini.

Ilmu arkeologi akan memberikan gambaran tentang kehidupan di masa lalu, serta bermanfaat untuk memberi pengetahuan mengenai peradaban manusia.

Untuk mempelajari semuanya, kamu pun akan sering melakukan perjalanan ke berbagai daerah dengan sejarah dan peninggalan yang mengagumkan.

Banyaknya pengalaman dan ilmu yang didapatkan selama kuliah akan membuat kamu lebih menguasai aksara dan bahasa lokal. Kamu pun bisa menerjemahkan tulisan pada prasasti yang sulit dipahami orang awam. Skill ini akan menjadi sesuatu yang dicari karena tidak dimiliki oleh banyak orang.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)