ITS Naik Peringkat di UI GreenMetric Rankings 2021

Kamis, 16 Desember 2021 - 05:15 WIB
loading...
ITS Naik Peringkat di UI GreenMetric Rankings 2021
Caption: ITS naik peringkat di UI GreenMetric. Foto/Dok ITS
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) meraih posisi empat besar Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik nasional dan 40 terbaik dunia versi UI Greenmetric World University Rankings 2021. Dari 97 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan, ITS berhasil naik satu peringkat dibanding tahun sebelumnya.

Prestasi ini sekaligus memposisikan ITS pada peringkat 40 di tingkat internasional yang melibatkan 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia, naik 21 peringkat dibanding tahun lalu.



UI GreenMetric sendiri merupakan pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia usungan Universitas Indonesia (UI) yang menitikberatkan penilaian pada komitmen pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan di kampus.

Pada UI Greenmetric 2021 ini, terdapat 39 indikator yang terbagi dalam enam kriteria terkait lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial.

6 kriteria tersebut ialah Penataan dan Infrastruktur dengan persentase poin 15 %, Energi dan Perubahan Iklim dengan persentase poin 21 %, Air dengan persentase poin 10 %, dan juga Limbah, Transportasi san Pendidikan dan Penelitian (ED) yang sama-sama memiliki persentase poin 18 %.



Dari enam kriteria tersebut, ITS menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan pada kriteria Energi dan Perubahan Iklim serta Penataan dan Infrastruktur. Menurut penuturan Ketua Unit Pengembangan Smart Eco Campus ITS Susi Agustina Wilujeng, ITS meraih skor 1.500 pada kriteria Energi dan Perubahan Iklim serta 1.225 pada kriteria Penataan dan Infrasturuktur.

“Pada kriteria penataan dan infrastruktur, kita mengalami peningkatan 275 poin,” jelasnya melalui siaran pers, Rabu (15/12/2021).

Peningkatan ini, lanjut Susi, juga dipengaruhi oleh berbagai upaya ITS untuk mempertahankan komitmen sebagai smart eco campus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2956 seconds (0.1#10.140)