Bingung Pilih Jurusan? Kenali Desain Interior yang Punya Prospek Kerja Luas

Jum'at, 24 Desember 2021 - 11:32 WIB
loading...
Bingung Pilih Jurusan? Kenali Desain Interior yang Punya Prospek Kerja Luas
Jurusan Desain Interior memiliki prospek kerja yang luas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masih banyak calon mahasiswa yang bingung untuk memilih jurusan. Padahal dalam memilih jurusan bisa dilihat kembali dari hobi atau kesukaan. Misalnya, jika suka dengan furniture dan hobi menata ruang dengan gaya maka jurusan desain interior bisa menjadi pilihan.

Untuk menata sebuah ruangan agar bisa berfungsi dengan maksimal dan enak dilihat, maka diperlukan sentuhan dari para desainer interior . Mereka adalah orang yang merencanakan, memilih bahan, melakukan riset hingga melakukan pengawasan saat pengerjaan sebuah ruangan. Tujuannya tentu saja agar space yang ada terlihat indah dan dapat berfungsi dengan baik.



Lalu apa itu jurusan desain interior? Mengutip laman Ruang Guru di ruangguru.com, Jumat (24/12/2021), Desain Interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang yang ada di sebuah bangunan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk perlindungan, desainer interior juga merancang ruang yang akan mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian penghuninya.

“Apa bedanya sih dengan jurusan Arsitektur?” perlu diketahui jika antara keduanya ada perbedaan. Jurusan Arsitektur berfokus pada rancangan keseluruhan bangunan, sedangkan Desain Interior lebih berfokus pada optimalisasi pemanfaatan ruang yang tersedia.

So, pada dasarnya, desain interior adalah ilmu perancangan berupa solusi dengan mengandalkan seni dan teknik. Misalnya, untuk desain sebuah ruangan itu harus tahu fungsi ruangannya apa, untuk siapa, pribadi atau komersial, dan sebagainya.



“Buat masuk ke jurusan ini, harus bisa gambar ya?” Memiliki kemampuan menggambar atau desain bisa jadi kelebihan di jurusan ini. Namun, jangan khawatir jika tidak terlalu bisa menggambar. Kamu akan diajarkan dari awal mengenai dunia gambar, warna, pemodelan 3D, proses mendesain interior, hingga desain furnitur.

Keahlian Dasar yang Harus Dimiliki
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bidang interior sangat erat kaitannya dengan seni dan estetika. Maka jika ingin sukses dan lancar saat mengikuti perkuliahan, kamu harus menjadi pribadi yang kreatif, percaya diri, detailed oriented, bisa berkomunikasi dengan baik, dan punya kemampuan organisasi serta team work yang baik.

Selain itu, karena akan bekerja dengan klien maka kamu juga harus bisa menjadi negosiator yang andal, mampu menyelesaikan masalah, pintar mengatur budget, bisa bekerja bersama tim dan punya keinginan untuk terus belajar juga penuh ide dan inspirasi.

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior
Lulusan Desain Interior akan memperoleh gelar S.Ars. Karier yang bisa ditempuh ialah menjadi seorang perancang desain interior, konsultan desain interior, desainer interior kendaraan bermotor, desainer interior untuk set panggung atau event, bekerja di perusahaan-perusahaan konstruksi interior, penyedia produk interior, dan masih banyak lagi.

Kampus dengan Jurusan Desain Interior Terbaik
Berdasarkan data dari banpt.or.id, hanya ada 11 universitas dengan jurusan ini yang mendapatkan Akreditasi A. Yuk, simak daftarnya.

Institut Teknologi Bandung
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Universitas Kristen Maranatha
Universitas Komputer Indonesia
Universitas Kristen Petra
Universitas Telkom
Institut Teknologi Nasional
Institut Seni Indonesia Denpasar
Universitas Bina Nusantara
Universitas Sebelas Maret.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)