7 Profesi yang Bisa Ditekuni Lulusan Jurusan Bisnis Internasional

Jum'at, 24 Desember 2021 - 14:14 WIB
loading...
7 Profesi yang Bisa Ditekuni Lulusan Jurusan Bisnis Internasional
Program studi International Business Management atau Bisnis Internasional memiliki cukup banyak peminat di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di Indonesia, program studi International Business Management atau Bisnis Internasional memiliki cukup banyak peminat. Lulusannya tidak hanya bisa berkarier di perusahaan asing atau luar negeri. Sebab di tanah air ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan kemampuan akademik lulusan jurusan ini untuk mengembangkan bisnis mereka.

Mahasiswa nantinya tidak hanya diasah kemampuan akademik semata. Namun juga etika dan beragam keterampilan bisnis lainnya sehingga memiliki kompetensi lebih untuk diterima kerja di berbagai perusahaan.



Di Indonesia, jurusan ini salah satunya bisa ditemui di Binus University. Didukung program pembelajaran dan kurikulum aplikatif, lulusan jurusan ini banyak yang langsung bekerja di perusahaan nasional maupun asing.

Lalu apa saja peluang kerja yang bisa ditekuni lulusan jurusan International Business Management? Melansir dari laman binus.ac.id, Jumat (24/12/2021), berikut ini 7 peluangnya yang perlu mahasiswa tahu.

1. International Business Analyst
Tugas utama profesi ini adalah melakukan analisis terhadap berbagai aspek bisnis, mulai dari pembiayaan, strategi, potensi, hingga hambatan yang akan dihadapi. International Business Analyst tidak hanya dibutuhkan perusahaan nasional yang berusaha mengembangkan bisnis ke luar negeri tetapi juga perusahaan rintisan (startup) seperti Go-Jek, Tokopedia, atau Traveloka.



2. Manajer Pemasaran dan Penjualan
Jobdesk profesi ini adalah mengawasi kinerja karyawan, mengembangkan tujuan, merencanakan pemasaran, mengukur potensi pasar, hingga memastikan bahwa setiap upaya penjualan berhasil. Kemampuan akademik lulusan International Business Management dibutuhkan agar perusahaan memiliki strategi yang aktual sesuai dengan perkembangan bisnis internasional masa kini.

3. Perwakilan Penjualan Internasional
Setiap perusahaan yang berusaha melebarkan sayapnya ke bisnis internasional pasti memiliki divisi penjualan ini. Untuk memimpin tim, dibutuhkan kemampuan akademik dan skill lulusan jurusan International Business Management.

Bagaimana tidak, pasti ada banyak upaya yang dilakukan untuk menyukseskan penjualan—mulai dari mengukur potensi pasar internasional, memahami budaya, tren, atau hukum di negara lain, hingga memastikan bahwa standar penjualan yang akan dilakukan sesuai dengan ketentuan negara setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)