Ilmu Gizi Miliki Prospek Kerja dan Gaji Besar, Apakah Benar?

Minggu, 26 Desember 2021 - 12:38 WIB
loading...
Ilmu Gizi Miliki Prospek Kerja dan Gaji Besar, Apakah Benar?
Dokter Gizi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seseorang yang berprofesi Ilmu gizi sangat berperan penting dalam hidup manusia, agar apa pun yang kita konsumsi dan penerapan hidup akan jauh lebih baik untuk kesehatan manusia.

Mahasiswa yang mengenyam pendidikan di jurusan ilmu gizi akan mempelajari tentang keterikatan gizi pada kesehatan, pertumbuhan manusia dan produktifitasnya, hubungan gizi di sektor pertanian, ekonomi dan sosial budaya, maupun kualitas tubuh manusia.



Yang sudah kita ketahui bahwasanya masalah kekurangan gizi masih sangat banyak belum bisa terkontrol, tak hanya kekurangan gizi namun kelebihan gizi seperti diabetes dan obesitas juga masih terus meningkat.

Berikut adalah universitas yang memiliki jurusan ilmu gizi :
1. Institut Pertanian Bogor (ITB)
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
4. Universitas Muhammadiyah Surakarta
5. Universitas Brawijaya (UB)
6. Universitas Diponegoro (UNDIP)
7. Institut Kesehatasn Indonesia (IKI)

Dikutip dari Quipper Campus berikut adalah prospek kerja dan gaji yang bisa kamu ambil ketika lulus dari jurusan ilmu gizi :

1. Ahli Gizi (Nutritionist)
Ahli gizi seorang yang berprofesi di bidang kesehatan yang mempunyai tugas, bagaimana pemeliharaan dan perbaikan gizi dimasyarakat.
Lalu apa saja keahlian yang dibutukan untuk menjadi ahli gizi ?
1) Kemampuan dalam melakukan analisis
2) Kemampuan berpikir kritis
3) Keterampilan komunikasi
4) Penguasaan bahasa asing
5) Pengetahuan ilmu pangan

Gaji yang bisa anda dapatkan dari profesi ahli gizi ini sejumlah Rp3,5 juta–Rp5 juta dan mempunyai sertifikat kompetensi ahli gizi.

2. Ahli Diet (Dietitian)
Jika kamu nanti lulus dan menjadi ahli diet, kamu bisa bekerja di rumah sakit, panti jompo, ataupun bisa di fasilitas perawatan jangka panjang.

Tugas dari ahli diet adalah merencanakan, ia merupakan seorang pakar nutrisi yang mampu merencanakan dengan memberikan informasi tentang gizi, rekomendasi makanan dan pola hidup sehat.

Gaji yang dapat diperoleh dari seorang yang berprofesi ahli diet sebesar Rp5 juta–Rp7 juta dan harus mempunyai sertifikat kompetensi ahli gizi dan registered dietitian.

3. Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan
Di setiap perusahaan yang menjual prodak makanan tentu membutuhkan seseorang untuk memantau produk makanan di bagian kualitas kesehataanya.

Dalam profesi ini kamu harus memastikan bahwa seluruh proses dari mulai proses produksi sampai dengan barang sampai tangan konsumen, barang datang dengan baik dan aman.

Gaji yang akan di dapatkan oleh seorang yang berprofesi pengendalian mutu produk dan kesehatan sebesar Rp3,5 juta–Rp4,5 juta.

4. Pegawai Negri Sipil (PNS)
Pegawai negeri sipil seorang yang bekerja di bawah pemerintahan, yang bisa dibilang peluang pekerjaan di bidang ilmu gizi sangatlah terbuka luas. Penempatannya di bidang ini sangat beragam bisa di rumah sakit maupun BPOM.

Pendapatan yang diberikan, jika lulusan ilmu gizi bekerja di instansi pemerintah sebesar Rp4 juta–Rp8 juta. jumlah gaji yang diterima belum lagi ditambah dengan uang tunjangan yang akan didapatkan dari seorang PNS.

Itulah empat profesi yang dapat kamu ketahui ketika sudah lulus dari jurusan ilmu gizi, masih banyak jenis–jenis pekerjaan lainnya yang bisa anda tempati dari ilmu gizi ini.

Gaji yang tercantum di atas bisa saja berbeda tergantung dengan tempat perusahaan kamu bekerja atau bisa juga seberapa ahli kamu ada di bidang ilmu gizi ini.

(MG06–Endah Purnamasari)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)