Selain Presiden Jokowi, Ini Sederet Pejabat Tinggi Lulusan UGM

Senin, 27 Desember 2021 - 15:37 WIB
loading...
Selain Presiden Jokowi, Ini Sederet Pejabat Tinggi Lulusan UGM
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan almameter yang telah meluluskan banyak tokoh penting di negeri ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tercatat menjadi mahasiswa fakultas kehutanan di universitas yang saat ini dipimpin oleh Rektor Prof Panut Mulyono ini.

Orang nomor satu di Indonesia saat ini, Presiden Joko Widodo , merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) dari Fakultas Kehutanan. Lalu adakah daftar pejabat lain lulusan UGM selain presiden? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini deretan pejabat lulusan UGM yang perlu kalian tahu.



1. Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak 2016. Selain itu, dia juga pernah menjadi sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Tokoh penting di Muhammadiyah ini pernah menempuh pendidikan pascasarjana UGM dengan gelar Magister Administrasi Publik pada 1996.

2. Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin. Lulusan SMA Kolese Kanisius ini merupakan lulusan fakultas Teknik Mesin UGM dan pernah menjabat sebagai Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM.

3. Menko bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD
Gelar sarjana yang diperoleh mantan menteri pertahanan ini S1 di Fakultas Hukum UII dan Fakultas Sasdaya UGM. Untuk gelar S2, Mahfud adalah lulusan Pascasarjana Ilmu Politik UGM. Sementara gelar doktor juga lulusan Pasca Sarjana UGM dalam bidang hukum tata negara.

4. Menteri Sekretaris Negara Pratikno
Pratikno sebelumnya pernah menjabat sebagai Rektor UGM periode 2012-2014. Pratikno merupakan lulusan Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM tahun 1985.

5. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi
Mantan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda ini didapuk menjadi menteri Luar Negeri perempuan pertama di negeri ini. Retno menjalani pendidikannya di Jurusan Hubungan Internasional Fisipol di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

6. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Budi Karya Sumadi menjadi Menteri Perhubungan sejak 2016 dan menggantikan Ignasius Jonan. Pria yang sudah malang melintang di berbagai proyek pembangunan kawasan di sekitar Jakarta merupakan lulusan jurusan arsitektur UGM.

7. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono
Menteri yang dijuluki “Daendels Baru” oleh Presiden Joko Widodo ini menempuh pendidikannya di Teknik Geologi UGM. Setelahnya, ia melanjutkan pendidikannya di Colorado State University, Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6145 seconds (0.1#10.140)