Rektor UPI: Digitalisasi Sekolah Jokowi Wujudkan Kesetaraan Pendidikan

Selasa, 28 Desember 2021 - 16:10 WIB
loading...
Rektor UPI: Digitalisasi Sekolah Jokowi Wujudkan Kesetaraan Pendidikan
Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. Solehuddin. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Progran digitalisasi pendidikan Presiden Jokowi dinilai sebagai jawaban kebutuhan pendidikan saat ini. Hal itu disampaikan oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) Bandung, Prof. Solehuddin.

Menurutnya, Presiden Jokowi ingin setiap masyarakat mendapat akses pendidikan. Digitalisasi yang digaungkan pemerintah telah mampu menjangkau hingga ke pelosok-pelosok negeri.



"(Digitalisasi) salah satu jawaban presiden kita. Presiden hanya ingin akses pendidikan terakses oleh seluruh masyarakat Indonesia," ucap Prof. Solehuddin pada seminar di UPI Bandung dengan tema Digitalisasi Sekolah: Meretas Batas Ruang Pembelajaran Tradisional, Bandung, Selasa (28/12/2021).

Dia menuturkan, Presiden Jokowi melalui digitalisasi dapat memberikan hak-hak pendidikan bagi seluruh masyarakat. Sehingga meninggalkan ketimpangan terkait akses pendidikan. "Digitalisasi pendidikan jawaban untuk wujudkan kesetaraan pendidikan," tegasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang digagas pemerintahan Jokowi telah banyak memberikan kemudahan bagi pihak kampus. Terutama saat pandemi, program digitalisasi bisa melindungi mahasiswa dari pandemi. "Seiring kebijakan pemerintah, Merdeka Belajar, dan lainnya memberikan perlindungan bagi mahasiswa kita," ucapnya.



Pemerintah melakukan digitalisasi pendidikan dengan memberikan berbagai fasilitas untuk menunjang pendidikan digital dengan memanfaatkan platform-platform digital. Pemerintah telah mensubsidi kuota internet hingga triliunan rupiah untuk siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)