Pendaftaran Segera Dibuka, Berikut 5 Tips Lolos SNMPTN 2022

Rabu, 29 Desember 2021 - 00:19 WIB
loading...
Pendaftaran Segera Dibuka, Berikut 5 Tips Lolos SNMPTN 2022
Pendaftaran SNMPTN 2022 akan dibuka pada 14-28 Februari 2022. Informasi kuota sekolah SNMPTN 2022 telah diumumkan kemarin, Selasa (28/12). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2022 akan dibuka pada 14-28 Februari 2022. Informasi kuota sekolah SNMPTN 2022 telah diumumkan kemarin, Selasa (28/12/2021).

Saat ini informasi lengkapnya sudah dapat diakses melalui laman www.ltmpt.ac.id. Cara mengecek kuota sekolah SNMPTN 2022 adalah dengan masuk ke laman tersebut dan pilih menu SNMPTN 2022 dan pilih sub menu Kuota Sekolah.



Bagi kalian yang masuk ke dalam kuota pendaftar SNMPTN 2022, selamat dan semangat ya! Berbeda dengan UTBK, untuk dapat lolos diterima di perguruan tinggi negeri ( PTN ) impian melalui jalur SNMPTN perlu strategi yang matang.

Karena tolak ukur nilai rapor belum tentu menjamin diterima atau tidaknya kalian di jurusan dan perguruan tinggi negeri pilihan. Yuk, simak tips berikut untuk lolos SNMPTN 2022:

1.Perhatikan grafik nilai rapor
Nilai rapor dari semester 1-5 merupakan salah satu dari banyaknya faktor yang menentukan diterima atau tidaknya kamu di jalur SNMPTN. Namun, nilai tinggi saja tidaklah cukup. Grafik nilai kamu sebaiknya stabil atau meningkat dari semester 1-5. Karena dengan stabil atau meningkatnya grafik nilai, akan membuat peluang kamu untuk lolos SNMPTN di jurusan dan perguruan tinggi negeri impian kamu semakin besar.



2.Siapkan portofolio prestasi kamu
Lolos SNMPTN itu apakah cukup dengan modal nilai rapor saja? Tentu tidak. Prestasi kamu di luar kelas selama sekolah juga penting, lho! Ketika mendaftar SNMPTN, sertakan sertifikat atau piagam penghargaan dari kompetisi, kejuaraan, atau lomba yang pernah kamu ikuti. Karena dengan adanya portofolio prestasi tersebut, kamu akan menjadi lebih gemilang dibanding pendaftar SNMPTN lainnya dengan nilai rapor yang sama.

3.Cari tahu mengenai jurusan pilihan di perguruan tinggi negeri impianmu
Kalau ditanya seputar informasi seputar jurusan pilihan, pasti kamu sudah paham banget. Namun, selain informasi substansial mengenai jurusan pilihanmu, apa saja yang akan dipelajari, prospek kerja, dan sebagainya, kamu juga harus mengetahui informasi terkait penerimaan jurusan pilihan kamu ini.

Informasi yang dimaksud adalah seperti kuota daya tampung, jumlah pendaftar, jumlah diterima, hingga sebaran siswa diterima berdasarkan jurusan SMA dan provinsi. Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, kamu akan lebih bijak dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi negeri pilihanmu.

4.Memilih jurusan lain
Jika kalian merasa nilai rapor dan portofolio belum cukup untuk bersaing di jurusan yang peminatnya tinggi dengan kuota terbatas, tidak ada salahnya jika kalian memilih jurusan lain yang lebih sedikit peminatnya, khususnya jika kamu lebih mengutamakan universitas dibanding jurusan. Namun dengan catatan, kalian masih mampu dan menyukai jurusan tersebut ya!

5.Memilih perguruan tinggi negeri lain
Nah, poin ini cocok untuk kalian merupakan yang lebih mengutamakan jurusan dibandingkan universitas. Bila jurusan yang kalian inginkan terdapat di universitas lainnya dengan jumlah peminat lebih sedikit, tidak ada salahnya juga lho untuk mencoba daftar di universitas lain. Karena pada akhirnya, ilmu yang dipelajari sama saja bukan?

Itu dia tips-tips untuk sukses lolos SNMPTN 2022. Buat kalian yang belum masuk kuota pendaftaran SNMPTN 2022, tak usah berkecil hati. Yuk, mulai persiapkan dirimu hadapi UTBK, salah satunya dengan mengikuti tryout sesuai pilihan kalian.

Nah, poin ini cocok untuk kalian merupakan yang lebih mengutamakan jurusan dibandingkan universitas. Bila jurusan yang kalian inginkan terdapat di universitas lainnya dengan jumlah peminat lebih sedikit, tidak ada salahnya juga lho untuk mencoba daftar di universitas lain. Karena pada akhirnya, ilmu yang dipelajari sama saja bukan?
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)