Rektor UPI: Transformasi Digital Era Jokowi Wujudkan Layanan Pendidikan Berkualitas

Kamis, 30 Desember 2021 - 14:55 WIB
loading...
Rektor UPI: Transformasi Digital Era Jokowi Wujudkan Layanan Pendidikan Berkualitas
Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Solehuddin. Foto/Dok/UPI
A A A
JAKARTA - Kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong akselerasi transformasi digital dinilai mampu mewujudkan layanan pendidikan yang berkualitas. Digitalisasi pendidikan mengharuskan semua aspek Pendidikan harus beradaptasi dengan teknologi.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) Prof. Solehuddin mengatakan, kebijakan yang dikeluarkan Presiden Jokowi sangat membantu lembaga Pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi. Terutama dalam hal peralihan pendidikan formal ke digital.



“Sekarang justru bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi ini. Untuk lebih mendukung terciptanya layanan pendidikan berkualitas bagi masyarakat banyak,” kata Prof. Solehuddin saat ditemui di UPI, Bandung, Kamis (31/12/2021).

Ia menambahkan, masyarakat semestinya dapat turut mendukung program transformasi digital yang tengah gencar digaungkan Presiden Jokowi. Mengingat, digitalisasi saat ini merupakan sebuah keniscayaan yang sulit untuk dihindari.

Prof. Solehuddin memandang kehadiran teknologi di dunia Pendidikan harus bisa disikapi dengan penuh kebijaksanaan. Ia menilai teknologi akan sangat membantu guru atau tenaga dalam memberikan materi ajar bukan sebaliknya.



“Jadi hadirnya teknologi ini bukan untuk menggantikan peran guru sepenuhnya. Tapi justru untuk lebih membantu guru memberikan pendidikan terbaik,” imbuh Prof. Solehuddin.

Lebih lanjut ia mengatakan, adanya teknologi juga merupakan solusi dari persoalan ketimpangan Pendidikan yang sudah lama menghantui negeri ini. Karena melalui kecanggihan teknologi Pemerintah mampu memberikan layanan Pendidikan hingga di pedesaan.

“Dukungan teknologi ini justru bisa dimanfaatkan untuk menjadi jawaban. Menyentuh lorong Pendidikan yang selama ini belum terlayani secara maksimal,” tutupnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7003 seconds (0.1#10.140)