Ini 5 Tips Persiapan Kuliah di Rantau

Kamis, 30 Desember 2021 - 23:03 WIB
loading...
Ini 5 Tips Persiapan Kuliah di Rantau
Mahasiswa rantau. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Saat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi , kalian bukan hanya harus memikirkan jurusan apa yang sesuai dengan minat bakatmu. Kalian juga harus memikirkan kampus mana yang akan menjadi tempatmu menimba ilmu dan mengembangkan potensi dirimu kelak.

Nah, kalau perguruan tinggi yang kamu pilih berada di luar kota, kalian harus siap menjalani berbagai suka duka kuliah di rantau . Biar kalian tidak kaget dengan berbagai suka duka di rantau, kita bahas saja, yuk, tips persiapan kuliah di rantau.



1. Pilih Akomodasi Dekat Kampus
Memilih tempat tinggal di dekat kampus merupakan persiapan kuliah di rantau yang paling penting. Pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan kampus kamu supaya kamu dapat menghemat uang ongkos bulananmu. Lumayan, kan, kamu jadi bisa menghemat Rp3.500 setiap kali menggunakan transportasi umum. Berarti dalam sebulan kamu akan menghemat Rp210.000.

Selain itu, ada tiga hal lain yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih tempat tinggal. Pertama, pilih tempat tinggal sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Bila kamu membutuhkan tempat tidur, lemari pakaian, meja belajar, AC, wifi, dan kamar mandi di dalam, tentu biaya sewanya akan lebih mahal dibandingkan tempat tinggal yang hanya menyediakan kamar dengan tempat tidur dan lemari pakaian saja atau kamar kosong tanpa fasilitas apa pun.

Kedua, Bila kamu termasuk orang yang butuh situasi tenang untuk belajar, kamu harus memilih daerah yang jauh dari keributan. Keamanan juga perlu kamu perhatikan, ya! Jangan sampai kamu tinggal di daerah rawan pencurian atau hal yang berbahaya lainnya.



Terakhir, pilihlah tempat tinggal yang sesuai dengan aktivitas harianmu. Bila kamu termasuk mahasiswa yang senang mengikuti berbagai kegiatan saat kuliah di rantau, pilihlah tempat tinggal yang tidak memiliki jam malam agar kamu bisa pulang dengan tenang saat sedang ada kegiatan sampai larut malam.

Untuk membantumu membuat persiapan kuliah di rantau, berikut adalah kisaran harga sewa di beberapa kota besar.

Untuk Jakarta, kisaran sewa tempat tinggal sebulan biasanya berada di kisaran Rp800 ribu sampai Rp1,8 juta per bulan. Untuk Bandung dan Jatinangor, biasanya kisaran harga sewa tempat tinggal berkisar antara Rp450 ribu sampai Rp1,5 juta. Berbeda dengan Jakarta dan Bandung, harga tempat tinggal di Jogja jauh lebih murah. Harga sewa tempat tinggal di Jogja berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp600 ribu ke atas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)