Pakar UI Jelaskan Bahaya Penyakit Diabetes bagi Tubuh

Jum'at, 31 Desember 2021 - 13:37 WIB
loading...
Pakar UI Jelaskan Bahaya Penyakit Diabetes bagi Tubuh
Departemen Periodonsia FKG UI bekerja sama dengan Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI menggelar pengabdian masyarakat. Foto/Dok/Humas UI
A A A
DEPOK - Diabetes adalah kondisi medis di mana tubuh tidak mampu memakai gula darah sebagai energi, karena pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin yang merupakan hormon untuk menyeimbangkan jumlah glukosa dalam darah.

Kekurangan insulin akan menyebabkan tingginya kadar glukosa darah yang kemudian merusak pembuluh darah dan saraf, sehingga diabetes dapat memengaruhi bagian tubuh mana saja termasuk gusi.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Indonesia versi QS World University Rankings 2022

Orang dengan diabetes akan lebih berisiko menderita penyakit periodontal (penyakit gigi) karena mereka kurang bisa melawan infeksi secara umum.

Sayangnya, hubungan antara diabetes dan penyakit periodontal belum banyak diketahui masyarakat. Masyarakat masih menganggap bahwa penyakit diabetes dan kesehatan gigi adalah dua hal yang tidak saling berhubungan satu sama lain.

Untuk itu, Departemen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) bekerja sama dengan Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan daring bertema.



Baca juga: Pakar IPB University Jelaskan Prediksi Pandemi Covid-19 Berakhir

“Keterkaitan Antara Penyakit Periodontal dengan Diabetes Melitus serta Manifestasi dalam Rongga Mulut” kepada Persatuan Isteri Prajurit TNI Angkatan Udara (PIA) Cabang 1 Gabungan 1.

Ketua panitia acara, Dr. drg. Natalina, Sp.Perio(K) dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tingkat kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan jaringan periodontal dan hubungannya dengan penyakit diabetes melitus.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2685 seconds (10.55#12.26)