Pakar UI Jelaskan Bahaya Penyakit Diabetes bagi Tubuh

Jum'at, 31 Desember 2021 - 13:37 WIB
loading...
Pakar UI Jelaskan Bahaya Penyakit Diabetes bagi Tubuh
Departemen Periodonsia FKG UI bekerja sama dengan Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI menggelar pengabdian masyarakat. Foto/Dok/Humas UI
A A A
DEPOK - Diabetes adalah kondisi medis di mana tubuh tidak mampu memakai gula darah sebagai energi, karena pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin yang merupakan hormon untuk menyeimbangkan jumlah glukosa dalam darah.

Kekurangan insulin akan menyebabkan tingginya kadar glukosa darah yang kemudian merusak pembuluh darah dan saraf, sehingga diabetes dapat memengaruhi bagian tubuh mana saja termasuk gusi.



Orang dengan diabetes akan lebih berisiko menderita penyakit periodontal (penyakit gigi) karena mereka kurang bisa melawan infeksi secara umum.

Sayangnya, hubungan antara diabetes dan penyakit periodontal belum banyak diketahui masyarakat. Masyarakat masih menganggap bahwa penyakit diabetes dan kesehatan gigi adalah dua hal yang tidak saling berhubungan satu sama lain.

Untuk itu, Departemen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) bekerja sama dengan Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan daring bertema.



“Keterkaitan Antara Penyakit Periodontal dengan Diabetes Melitus serta Manifestasi dalam Rongga Mulut” kepada Persatuan Isteri Prajurit TNI Angkatan Udara (PIA) Cabang 1 Gabungan 1.

Ketua panitia acara, Dr. drg. Natalina, Sp.Perio(K) dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tingkat kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan jaringan periodontal dan hubungannya dengan penyakit diabetes melitus.

“Masyarakat diharapkan dapat memahami kondisi periodontal dan rongga mulut yang sehat, mengenali penyakit, memahami hubungan diabetes melitus dengan penyakit periodontal serta manifestasinya di rongga mulut,” ujarnya.

Materi penyuluhan pada kegiatan ini disampaikan oleh empat orang narasumber, yaitu drg. Putriani Grisnanda, drg. Deniarti, dan drg. Irene Nathania (mahasiswa program spesialis Periodonsia angkatan 2019). Narasumber lainnya yaitu drg. Masita Mandasari, Ph.D., Sp.PM (Staf Departemen Ilmu Penyakit Mulut FKG UI) membahas tentang manifestasi rongga mulut terkait pasien diabetes melitus.

Melalui materi yang disampaikan oleh para narasumber, diharapkan dapat menambah wawasan dari ibu-ibu PIA dalam menjaga kesehatan jaringan rongga mulut dan kesehatan umum individu yang mengidap penyakit diabetes melitus, sehingga dapat tercapai kesehatan tubuh yang harmonis secara keseluruhan.

Program ini dapat terlaksana berkat kerja sama dari berbagai pihak di antaranya Ikatan Periodonsia Indonesia (IPERI) Komda Jaya, dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Jakarta Timur.

Turut hadir dalam acara ini drg. Robert Lessang, Sp.Perio(K) (Kepala Departemen Periodonsia FKG UI), Ratna Wayan Sulaba (Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 1 Gabungan 1), drg. Maya Lewerissa, Sp.Perio (Ketua IPERI Kodam Jaya), dan drg. Gagah Daru Setiawan (Ketua PDGI Cabang Jakarta Timur).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2635 seconds (0.1#10.140)